Penerapan Hidup Sehat dan Pentingnya Kebersihan Lingkungan pada Desa Wisata

  • Whatsapp

NGANJUK, RadarBangsa.co.id – Mahasiswa universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG Surabaya) menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah domisili masing-masing karena adanya pandemi Covid-19 saat ini. KKN sendiri adalah program pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh universitas secara berkala.

Di masa pandemi ini, banyak masyarakat lalai akan kebersihan lingkungan dan kesehatan yang padahal penting untuk pencegahan penularan covid-19, terutama di Dusun Gimbal RT.001 RW.006 yang menjadi akses jalan utama menuju wisata.

Bacaan Lainnya

Dusun Gimbal merupakan akses jalan keluar masuknya para wisatawan untuk menuju ke wisata Air Terjun Sedudo, Air Terjun Singokromo, Air Terjun Gedangan, Watu Lawang, Makam Kyai Ageng Ngaliman. Karena merupakan salah satu akses jalan menuju lokasi wisata, para wisatawan pasti terarah pandangannya dengan lingkungan Dusun Gimbal yang dilewati.

Dengan begitu, warga Dusun Gimbal harus selalu memperhatikan kebersihan lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan agar lingkungan terlihat nyaman, sejuk dan indah dipandang. Begitupun untuk menangani pandemi Covid-19 saat ini, warga Dusun Gimbal harus meningkatkan pola hidup sehat. Di antaranya dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin. Misalnya, dengan rutin berolahraga seperti senam.

Disini Mahasiswa Ilmu Komunikasi memberikan bantuan dengan mensosialisasikan ke warga Dusun Gimbal tentang kebersihan lingkungan. Terutama tentang pentingnya tidak membuang sampah di sembarang tempat dan mengelola sampah dengan baik. Salah satu upaya agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan ialah dengan pembagian masker dan hand sanitizer. Kemudian Mahasiswa UNTAG juga memberikan bantuan berupa bak sampah yang terbuat dari semen yang kokoh dan berukuran besar sebanyak dua buah.

Dengan adanya bak sampah ini, warga RT 01 Dusun Gimbal dapat membuang sampah dan membakarnya langsung di tempat. Abu pembakaran sampah pun bisa dimanfaatkan untuk menjadi pupuk tanaman warga masing-masing di rumah. Selain itu, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ini juga mengadakan senam sehat rutin setiap hari minggu agar imunitas warga meningkat, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *