Penilaian Kampung Tangguh di Padang Sarai Nagari

  • Whatsapp
Kombespol Suranta Pinem, SIK, MM turun secara langsung kelapangan dan melakukan temu ramah dengan masyarakat setempat.

PASAMAN, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka melakukan penilaian Kampung Tangguh di Padang Sarai Nagari Persiapan Air Maggih Barat Kepala Biro Logistik Polda Sumbar (KARALOG) Kombespol Suranta Pinem, SIK, MM turun secara langsung kelapangan dan melakukan temu ramah dengan masyarakat setempat.

Kepala Biro Logistik Polda Sumbar (KARALOG) Kombespol Suranta Pinem, SIK, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kehadirannya bersama tim di Kabupaten Pasaman bukan untuk mecari nilai dari Kampung Tangguh itu tapi yang diharapkan adalah hasilnya kedepan, seperti;

Bacaan Lainnya

Adanya ketahanan pangan, dimana ketahanan pangan ini sangat besar sekali kontribusinya dalam membekap situasi penceklik di daerah Kampung Tangguh itu sendiri.

Dan adalagi usaha-usaha masyarakat lainnya dari sisi pertanian, perikanan, peternakan, yang bisa menguatkan ketahanan pangan masyarakat setempat dengan sistem barter. Dan itulah salah satu bentuk dari kampung itu tangguh, walaupun masyarakat kampung itu di isolasi atau bagaimana, namun kampung tangguh itu masyarakatnya tetap bisa hidup.

Dari pantauan jurnalis RadarBangsa.co.id tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Biro Logistik Polda Sumbar (KARALOG) Kombespol Suranta Pinem, SIK, MM bersama tim, Bupati Pasaman diwakili Kepala Kantor Kesbangpol Afrizal, S.Sos bersama jajarannya, Forkopimda Pasaman, Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE bersama jajarannya, Kodim 0305 Pasaman di wakili Kasdim bersama Jajarannya, Perwakilan Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping, Kalak BPBD Pasaman Ricky Riswandi, SH, Camat Kecamatan Lubuk Sikaping Nina Darmayanti, S.STP, M.PA, bersama Forkopimca Lubuk Sikaping, Kapolsek Lubuk Sikaping IPTU Abrar Syukur, SH, DANRAMIL Lubuk Sikaping Kapten Hari Wiharso, Plt Wali Nagari Persiapan Air Manggih Barat Riko Julhasra, S. Hum, Ninik Mamak dan masyarakat setempat serta sejumlah jurnalis dari berbagai media meliput kegiatan, Padang Sarai Lubuk Sikaping, (16/06/2020).

Adanya ketahanan kesehatan, Kampung Tangguh itu memiliki pengawasan terhadap kesehatan masyarakatnya, disitu ada tim kesehatan yang lebih serius dalam menangani masyarakat yang sakit di tengah-tengah masyarakat kampung tangguh itu, atau seperti adanya balai kesehatan, ataupun puskesmasnya.

Adanya ketahanan keamanan dimana masyarakat setempat dapat mendeteksi tamu yang masuk di kampung tangguh itu 1X24 jam.

Kampung Tangguh dalam keamanan masyarakat semua berperan tanpa terkecuali dan memiliki budaya disiplin. Disiplin cuci tangan tanpa di ajak atau diperintah, disiplin pakai masker, disiplin menjaga jarak.

Membangun kampung tangguh itu memang tidak mudah dan perlu adanya edukasi, sehingga terciptanya new normal bersama dengan kedisiplinan masyarakat tanpa ada paksaan.

Bupati Pasaman yang diwakili Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Afrizal, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan, Kampung Tangguh adalah kampung yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi menghadapi potensi ancaman seperti dampak covid-19.

Kampung Tangguh ini berguna untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana seperti bencana covid-19, menjalin terselenggaranya penanggulangan covid-19 secara terencana, mendorong semangat.

Mendorong semangat gontongroyong, kesetia kawanan dan kedermawanan dalam menyikapi wabah covid-19 ini.

Kampung Tangguh di Padang Sarai Lubuk Sikaping ini sangat memberikan kontribusi yang sangat besar dalam penguatan ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19 ini.

Penguatan ketahanan pangan di tengah masyarakat terjalin sinergi antara Polisi, TNI, Pemda, dan masyarakat sekitar. Sehingga dengan sinergisitas tersebut kampung tangguh ini benar-benar menjadi kampung tangguh yang mandiri.

Plt Wali Nagari Persiapan Air Manggih Barat Riko Julhasra. S. Hum dalam eksposnya menyampaikan, Jorong Padang Sarai Lubuk Sikaping dalam mencioptakan Kampung Tangguh itu telah melakukan berbagai kegiatan yang suatu saat menjadi budaya masyarakat setempat, di antaranya, secara bergontong royong telah menyiapkan lumbung pangan dalam membantu masyarakat, juga usaha lainnya seperti menganjurkan beternak itik, ayam, beternak ikan, menanam padi disawah, atau berkebun jagung,

Dalam antisipasi penyebaran covid-19, seperti tamu yang datang dari luar daerah ataupun dari kota lain agar dapat melaporkannya kepada kepala jorong, sekaligus melapor kepada pustu, dan dipustu dilakukan pencekan awal.

Dalam kamtibmas, telah mendirikan poskamling dimana dapat dimanfaatkan untuk memantau pencurian, narkoba, dan kerawanan kantibmas lainnya.

Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan penilaian Kampung Tangguh di Padang Sarai Lubuk Sikaping ini telah menjalankan protocol kesehatan dan kampung ini juga merupakan binaan Polres Pasaman.

Terakhir sekali Kapolres mengucapkan trimakasih kepada KAROLOG bersama rombongan yang telah dapat hadir di Kabupaten Pasaman sekaligus memberikan penilaian, semoga Kampung Tangguh Padang Sarai Lubuk Sikaping menjadi Kampung Tangguh terbaik di Sumbar.

(Afzal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *