Peningkatan Keterampilan Penggunaan Microsoft Word 2016 untuk Yayasan Darussalam Depok

Giat PKM Dosen UBSI Jakarta pada Yayasan Darussalam Depok (IST)

JAKARTA, RadarBangsa.co.id – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta kembali menggelar pelatihan komputer dengan tema “Pengenalan Dasar Microsoft Word 2016 untuk anak-anak panti asuhan Yayasan Darussalam” yang beralamat di Jl. Raya Bojong No. 45, Kel. Bakti Jaya, Kec. Sukma Jaya, Kota Depok, Jawa Barat. Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB-selesai pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2022 di aula panti asuhan.

Ketua Pelaksana, Meiva Eka Sri Sulistyawati yang juga dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yang harus menjalani KBM secara online terkait masa pandemi dan tentunya kewajiban Tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.

Dikatakannya pula, kegiatan pelatihan kali ini sebagai upaya membantu para anak-anak panti asuhan Yayasan Darussalam dalam memperkenalkan program Microsoft Word 2016 agar nantinya dapat bisa dipergunakan dalam kegiatan di pendidikan sekolahnya.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat sebelum pelatihan dimulai. Baik peserta maupun panitia selalu memakai masker dan menerapkan sosial distancing ketika kegiatan berlangsung.

“Praktek pelatihan menggunakan program Microsoft Word 2016, karena program ini lebih banyak digunakan oleh setiap orang terutama pelajar untuk kegiatan kerja sehari-hari,” ungkapnya. Pihak panti dan para peserta menyambut antusias tentang pelaksannan pelatihan ini.

Selanjutnya kegiatan ini akan disampaikan secara mendetail oleh narasumber yakni Eri Riana. Kegiatan dimulai dari pengenalan Microsoft Word 2016 dan cara membuka program Microsoft Word 2016, mulai dari Sistem Operasi Windows 10, selanjutnya peserta diberikan pengetahuan untuk mengenal bagian-bagian di dalam Microsoft Word 2016.

Para peserta pelatihan juga diperkenalkan cara mengatur tipografi, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, menentukan format kertas, menentukan format teks, menentukan format paragraf, membuat daftar berurut dan daftar bersimbol, membuat kolom koran, menyisipkan gambar, pengaturan gambar, membuat tabel serta rumus dan cara membuat mail merge.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang pada pelaksanaanya dibantu oleh dosen lain, di antaranya; Tri Kuryanti, Eri Riana, Dwi Irawati, juga melibatkan dua mahasiswa, yaitu Dethya Praningrum dan Farroz Rafi Vierlanza.

“Kegiatan PKM ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi mereka, khususnya di bidang pengetahuan dalam menggunakan teknologi,” tambahnya.

Ketertarikan peserta pada materi pengenalan Microsoft Word 2016 ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan perhatian pada materi yang disampaikan oleh tutor.

“Saya baru tahu kalau Microsoft Word itu tidak hanya digunakan untuk menulis dokumen saja, ternyata masih banyak hal yang bisa dilakukan melalui Microsoft Word dan itu sangat membantu saya di sekolah nanti,” beber salah satu peserta pelatihan, Ratna.

“Mereka juga mendengarkan dan mencatat hal-hal yang belum tertera di dalam modul pelatihan pengenalan Microsoft Word 2016. Untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang disampaikan, moderator memberikan pertanyaan dan kuis.

“Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik. Sebagai apresiasi atas jawaban peserta, tim memberikan cinderamata bagi peserta tersebut,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.