Penyerahan Simbolis SPPT PBB P2 Desa Sugeng oleh Bupati Mojokerto

sppt
Bupati Ikfina didampingi Kepala Bapenda Hj Mardiasih menyerahkan SPPT PBB -P2 Kepada Kades Sugeng Trawas (IST)

MOJOKERTO, RadarBangsa.co.id – Bupati Mojokerto, Dr. Ikfina Fahmawati, secara simbolis menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) buku I, II, dan III untuk Desa Sugeng tahun 2024, di Desa Sugeng, Kecamatan Trawas, pada Jumat (24/02/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina menekankan pentingnya pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan sebagai kontribusi masyarakat dalam pembangunan di Kabupaten Mojokerto.
“Hari ini kita menyerahkan SPPT untuk tahun 2024. Kita berharap dengan adanya pembangunan ini, masyarakat akan semakin semangat dalam melaksanakan tanggung jawabnya untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan, karena anggaran tersebut sangat kita butuhkan untuk membangun berbagai fasilitas umum di Kabupaten Mojokerto,” ucap Bupati Ikfina didampingi oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mojokerto, Hj. Mardiasih SH MH.

Bacaan Lainnya

Ikfina juga menjelaskan bahwa penyerahan SPPT PBB P2 bersamaan dengan peresmian jembatan penghubung antar desa bertujuan untuk membuktikan bahwa dana pajak yang dibayarkan masyarakat sepenuhnya digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Mojokerto.

“Pembangunan di Kabupaten Mojokerto, kecuali dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang tidak melebihi 30 miliar dan sebagian bersifat non fisik, semuanya berasal dari pendapatan asli daerah termasuk hasil pembayaran pajak masyarakat Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Bupati Ikfina juga menyoroti upaya efisiensi anggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk mendukung pembangunan infrastruktur sesuai dengan skala prioritas yang telah ditetapkan.

“Kita akan melihat kegiatan-kegiatan yang tidak mendesak untuk dilakukan supaya kita bisa menyisihkan anggaran. Potongan-potongan ini akan dialokasikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto sesuai dengan skala prioritas yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Ikfina juga berkomitmen untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di desa-desa pada tahun 2025 yang akan datang, dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Kepala Bapenda Kabupaten Mojokerto, Hj. Mardiasih SH MH, menyampaikan bahwa untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam membayar pajak, Bapenda Kabupaten Mojokerto akan membentuk tim yang akan turun ke setiap desa untuk melakukan monitoring dan sosialisasi perpajakan.

“Kami berharap perolehan pajak khususnya dari PBB P2 mengalami peningkatan di tahun depan, sehingga bisa mendukung proyek-proyek dan program-program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” ucap Mardiasih.

Dalam rangka meningkatkan perolehan pajak dari PBB P2, penerimaan PBB P2 akan menjadi salah satu indikator untuk desa mendapatkan bantuan keuangan dari pemerintah Kabupaten, tambahnya.

Seperti diketahui, acara peresmian jembatan penghubung antar desa dan penyerahan SPPT PBB P2 buku I, II, III Desa Sugeng tahun 2024 turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto, Rinaldi Rizal, Forkopimca Trawas, Camat se-Kabupaten Mojokerto, serta para kepala desa di Kecamatan Trawas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *