Peringatan BBGRM dan HKG PKK di Sumenep, Ditandai Pemukulan Gong

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam rangka peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 Tahun 2019, bertempat di lapangan sepak bola Kecamatan Lenteng (Sepakat) Sumenep Jawa Timur. Acara berlangsung meriah dan hikmat, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Sumenep KH. Busyro Karim, M.Si. Rabu (27/11/2019).

Moh. Ramli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep dalam sambutannya menyampaikan laporan penyelenggaraan peringatan BBGRM ke 16 dan HKG PKK ke-47 Kabupaten Sumenep tahun 2019.

“Maksud dan tujuan kegiatan, merupakan forum berkumpulnya lembaga kemasyarakatan untuk memperingati, meningkatkan rasa kebersamaan dan kegotong royongan, serta untuk menyatukan gerak langkah dan meningkatkan pemberdayaan kesejahteraan keluarga”, jelas Ramli dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

KH. Busyro Karim, Bupati Sumenep sebelum menyampaikan sambutan, terlebih dahulu menyerahkan berbagai macam bentuk bantuan, yang merupakan program dari setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan Perbankan Sumenep. Bantuan disetahkan secara simbolis untuk masyarakat Kabupaten Sumenep.

Dalam Sambutannya, KH. Busyro Karim, mengingatkan kembali nilai-nilai yang terkandung didalam gotong royong.

“Semangat Gotong Royong”

Bulan gotong royong ini mengingatkan kembali, pentingnya menanamkan semangat gotong royong di masyatakat. Agar masyarakat tetap melakukan gotong royong ditengah-tengah kehidupan yang serba individualis. Banyak orang tidak lagi berfikir orang lain, padahal tidak akan ada orang bisa hidup dan menghidupi dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain.

“Saat sekarang, semangat saling membatu sudah tidak ada lagi, untuk membangun Mushollah misalnya, masih ditanyakan berapa upahnya. Semangat gotong royong sudah tidak ada lagi disini”.

“Dicontohkan Zaman Nabi dan Rosul”

Diceritakan bahwa dulu gotong royong sudah banyak diberi contoh oleh para Nabi dan Rosul Allah Swt, ada nilai-nilai kebersamaan yang terkandung didalam gotong royong. Kisah Nabi Musa As, sebagai contohnya, berdo’a kepada Allah Swt, agar ummatnya merapatkan barisan dan diberi kekuatan melawan kedholiman Fir’un.

“Nilai Kesetiakawanan Sosial”

Melanjutkan sambutannya Kiai Busyro, Bupati Sumenep dan selaku pengasuh Ponpes Al-Karimiyah Bereji Gapura Sumenep, menyampaikan bahwa didalam gotong royong ada nilai Kesetiakawanan Sosial. Yangmana pada saat ini mulai tercabik – cabik di masyarakat. Contoh kecil, ketika seseorang membutuhkan pertolongan, tidak boleh melihat itu siapa dan darimana. Dari hal seperti itu kita tanamkan kesetikawanan sosial dalam diri kita, sehingga dapat saling menguatkan satu dengan yang lainnya.

“Bukan cuma di indonesia, di Negara manapun yang berbasis keagamaan, karena agama manapun ajarannya tidak ada yang anti kebersamaan atau kesetiakawanan”.

“Nilai Toleransi”

Disampaikan Kiai Busyro dalam rangkaian sambutanya, bahwa didalam gotong royong juga ada nilai-nilai toleransi, walaupun ada perbedaan satu sama lain, kalau untuk kepentingan bersama, tapi kepentingannya berbeda namun masih bisa bersama itu masih biasa. Yang luar biasa itu ketika kepentingannya bertentangan namun masih bisa bersatu, inilah nilai-nilai didalam gotong royong.

“Dengan adanya toleransi, kita dapat saling bantu diantara kita semua”.

“Nilai Kemajuan”

Lebih diuraikan lagi bahwa, dengan pertemuan ini, khususnya kepala Desa yang hadir, bagaimana DD/ADD yang ada dicukupkan dengan kebutuhan masyarakat. Ajak masyarakat dengan pola pikir yang lebih maju, jangan berfikir seperti yang dulu, bahwasanya ADD/DD itu hanya untuk orang – orang tertentu dan hanya dilakukan oleh orang – khusus juga.

“Sebab, kalau begitu apa yang datang langsung dimakan, nilainya pasti rendah”.

Selanjutnya disampaikan nilai-nilai kemajuan yang lainya, terkait dengan kesehatan, sumberdaya manusia (SDM) yang unggul, serta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Rabu, 27/11/2019. (Ong).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *