Peringati Hari Rabies Sedunia, PDHI Jateng I Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

SEMARANG, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka memperingati hari Rabies Sedunia WORLD RABIES DAY 2021, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jateng I, mengadakan vaksinasi Rabies gratis, di Balaikota Semarang, Minggu (26/9/21).

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jateng I, Drh. Theresia Anna Ekawati, menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka membantu pemerintah dalam pencegahan Rabies terhadap hewan yang ada di Jawa Tengah ini.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu, kami menggelar acara ini, guna mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran dan penularan Rabies terhadap hewan peliharaan. Rabies termasuk penyakit Zoonosis, yaitu penyakit hewan yang bisa menular ke manusia” kata Drh. Theresia Anna Ekawati.

Selain itu, lanjut Anna, saat ini ada sekitar 252 hewan yang terdiri dari anjing dan kucing yang sudah terdaftar untuk disuntikkan vaksin Rabies.

Dia juga menambahkan, selain di kota Semarang, di tempat kelinik Hewan yang ada di Kota Senarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Demak, Kendal dan Grobogan.

“Adapun total dosis vaksin yang kami berikan, mencapai 1.650 dosis ,” jelasnya.

Sementara itu, Drh. FDH. Priyono Teguh W., SH, Ketua Komisi V PDHI Jateng I selaku Ketua Panitia Vaksinasi Rabies Gratis Drive Thru, mengatakan, vaksinasi Rabies yang di selenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jateng I ini, dilaksanakan dengan cara Drive Thru.

“Kami juga sudah sediakan pendaftaran secara online, agar mempermudah masyarakat yang akan memvaksinasi Rabies pada hewan milik mereka. Karena mengingat pandemi Covid dan agar tidak berkerumun disini,” ucapnya.

Dijelaskan Priyono lagi, bahwa kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu, sesi pertama dimulai pukul 09.00 Wib hingga pukul 10.00 Wib, sesi kedua pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 11.00 Wib dan sesi ketiga pukul 11.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib.

“Mereka yang memiliki hewan dan akan dilakukan penyuntikkan hewan, wajib melakukan scan barcode Dan mengisi G-form di lokasi Balai kota Semarang,” tuturnya.

Terpisah, seorang peserta bernama Adira, mengungkapkan, saat ini dirinya sedang mengikuti Drive Thru, dengan membawa hewan peliharaannya untuk mendapatkan vaksinasi Rabies di Balaikota Semarang.

“Kami mendapatkan info adanya Vaksinasi Rabies ini dari Pet Shop. Kami juga berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahunnya di kota Semarang ini,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *