Pertemuan Pembinaan Kampung KB di Desa Ringinharjo

  • Whatsapp

GROBOGAN, RadarBangsa.co.id – Pertemuan pembinaan kampung KB di Desa Ringinharjo.Sebelum adanya kunjungan dari Pemerintah daerah tanggal 23 September 2019,maka dari Desa mempersiapkan bekal serta pembinaan terlebih dahulu kepada warga.

Pertemuan diadakan di rumah bapak Munawar tepatnya di Dusun Gili Desa Ringinharjo Kecamatan Gubug. Pertemuan Rapat pembinaan kampung KB dihadiri oleh Pak Camat Gubug, beserta Jajarannya, pegawai Puskesmas 1 Gubug,dan perangkat desa yakni Nuriman(SekDes).

Bacaan Lainnya

Pembukaan acaranya,dipimpin oleh Bapak Kades Ringinharjo Abidin namun ada halangan untuk hadir.Karena ada acara di Purwodadi, maka di wakilkan oleh Bapak Munawar selaku ketua Kampung KB.Sebagai Ketua Kampung KB,Pak Munawar berharap dengan adanya pertemuan ini,bisa menjalin silaturahim antar pemerintah kepada masyarakat, serta bisa memberikan bekal dalam kegiatan program kampung KB.Pengadaan Rapat Kampung KB diadakan setiap bulan sekali atau 3 bulan sekali.Untuk para peserta ini kurang lebihnya sebanyak 25 orang yang datang.

H.Syaiful Hadi PL KB,menuturkan untuk Desa Ringinharjo sebagai contoh pencanangan kampung KB.selain ada 3 desa lainnya yang terlibat program kampung KB ini.Tentang Kampung KB ini juga meliputi berbagai Sektor diantaranya di bidang kesehatan,Bank sampah.pegelolaan sampah.
” Harapan adanya kampung KB ini, supaya warga bisa hidup bersih dan sehat sebagai contoh misalnya ada tempat cuci di depan rumah dan sabun” pungkasnya.

Ahmad Basuki Mulyono Kecamatan Gubug memberikan pengarahan kepada peserta KB.
(Kader posyandu,kader Lansia). Kampung KB meliputi Bank Sampah, Pengelolaan tempat,serta gaya hidup yang bersih dan sehat.

Usulan dari pak Camat Basuki kepada peserta Kampung KB.Mengingat air bersih yang perlu diperhatikan karena sarana dan prasarana sudah ada tinggal menjalankan program kampung KB.
“Harapan dari Beliau ada tempat cuci tangan di depan rumah ada.
Pengolahan sampah misal botol , plastik dikumpulkan di dalam sak (karung).Serta ada tulisan cuci sabun di tempelkan di depan rumah, adanya tempat pengelolaan sampah khusus”tegasnya.

Pelatihan Kampung KB bisa mendatangkan dari Nara sumber instansi Lingkungan Hidup atau dari pegawai kabupaten.Tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM warga, hidup bersih, sehat,serta mewujudkan lapangan usaha baru.
Dengan adanya program kampung KB bisa mempermudah mencari bantuan-bantuan dari pemerintah daerah.

“Pentingnya kampung KB itu tujuan agar bisa memajukan desa serta dusunnya supaya dari warganya tercipta hidup sehat dan bersih”tegasnya.

Harapan pak Camat agar tahun depan bisa menuju perubahan, supaya desa yang lain tertarik dan modal utama untuk berkunjung di desa Ringinharjo.Selain itu, untuk keadministrasi bisa di tata agar kalau ada desa lain berkunjung dan bertanya bisa menjelaskan.

“Dan satu hal lagi, untuk kampung KB bisa membuat usulan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatannya meminta anggaran dari dana desa guna untuk pemberdayaan masyarakat.

Bidan Nurjanah Puskesmas Gubug 1 memberi kan pengalaman dan pengarahan sebagai kampung KB itu harus dilakukan hidup bersih dan sehat supaya terbentuk mental yang kuat, dan mandiri.”Dan untuk peserta juga memberikan pengalamannya dibagikan kepada warga lain supaya tahu dan mengerti tentang kampung KB itu” tuturnya. (Mas Eka Grobogan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *