Perusahaan Pakan Ternak di Desa Plosowahyu Lamongan, Diduga Timbulkan Bau Tak Sedap

Pabrik pakan ternak PT Sekar Golden Harvesta Indonesia yang berada di Jalan Raya Babat KM 49,8 Desa Plosowahyu (IST)

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Bau menyengat yang bikin warga sekitar mengeluh, diduga berasal dari produksi pabrik pakan ternak PT Sekar Golden Harvesta Indonesia yang berada di Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan.

Salah warga sekitar yang terdampak Parto (54), mengaku kerap mencium bau yang tidak sedap dan menyengat yang diduga ditimbulkan dari pabrik olahan pakan ternak disekitar wilayah rumahnya.

Bacaan Lainnya

“Baunya sangat tidak sedap dan serasa menyengat sekali. Sangat tidak nyaman pokoknya kalau untuk kesehatan kita,” ujarnya Jumat (9/9).

Dengan kondisi seperti ini menurut Parto, tidak bisa hanya didiamkan begitu saja. Melalui stakeholder terkait termasuk pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Satuan Polisi Pamong Praja selaku penegak perda agar segera turun tangan.

“Ini kok terkesan ada pembiaran. Bau yang tak sedap itu sudah berlangsung lama, dan sejauh ini belum ada penanganan yang serius dari pemerintah desa maupun dinas terkait,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan PT. Sekar Golden Harvesta Indonesia Nur Hidayat saat dikonfirmasi pihaknya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas bau yang diduga tidak sedap tersebut.

“Mohon maaf sebelumnya, sebenarnya itu bukan bau busuk, tapi itu merupakan bau pakan. Itu pun tidak terlalu lama,” ucap Nur Hidayat.

Selain itu, kata dia, dari proses produksi, pihaknya sudah berupaya untuk penanganan, dan juga sudah melakukan uji lab dan hasilnya memenuhi peraturan/baku mutu dan dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan.

“Meski demikian, kalau memang ada saran atau cara untuk mengurangi dampak bau tersebut, kami siap untuk ikuti arahan,” terangnya.

Selanjutnya, imbuh dia, untuk masyarakat sudah ada kerja sama, dari tenaga kerja, pengambilan produk Afkir/Expired (Kadaluarsa), pembuatan masker dan bantuan-bantuan lainnya atau CSR.

“CSR sendiri adalah bagian dari aktivitas bisnis dimana perusahaan bertanggung jawab secara sosial kepada pemangku kepentingan dan masyarakat. Sebagai bentuk perhatian dalam meningkatkan kesejahteraan serta berdampak positif bagi lingkungan juga,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *