Petani dan Pembanyon di Wonokerto Tekung Bersihkan Saluran Irigasi Rowo Sumo

Petani dan Pembayon bergotong royong bersihkan irigasi

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Musim kemarau petani dan Pembayon di Dusun Darungan, Desa Wonokerto Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang Jawa Timur lakukan pembersihan dan perdalam saluran irigasi Rowo sumo, Kamis (4/8/2022).

Menurut Tuwowo Dusun Darungan, Desa Wonokerto Kecamatan Tekung, Satimun, Guna memperlancar irigasi di musim kemarau, para petani dan pembayon yang ada di dusun darungan bergotong royong melakukan pembersihan dan memperdalam saluran irigasi.

Bacaan Lainnya

“Ya, ini sudah memasuki kemarau, jadi air mulai kecil. Kalau salurannya dangkal, dan banyak lumpur nya, maka mengalirnya air akan lambat,” ucap Satimun, saat ditemui Radarbangsa.co.id, disela kesibukannya.

Setelah dibersihkan dan di perdalam, harap Satimun, aliran airnya bisa lancar. “Saya berharap para petani di dusun Darungan desa Wonokerto Tekung juga menyadari dengan hal ini,” harap Satimun.

Selain itu, kata Satimun, di hulu aliran sungai masih ada bangunan. “Ya, masih ada bangunan plengsengan dan pintu air. Kalau proyek itu sudah selesai, maka air akan lancar kembali”, katanya.

Sementara itu, Sunardi, salah satu petani yang saat itu juga turut dalam pembersihan irigasi Rowo Sumo, kepada Radarbangsa.co.id menyatakan, kalau dirinya juga menyadari adanya air yang saat ini mulai kecil. “Mau bagaimana lagi, untuk saat ini memang sudah musim kemarau. Ya jelas kecil air nya mas”, ucapnya.

Tapi saya sudah bersyukur, Tuwowo yang sekarang ini sudah sangat bertanggung jawab. “Ya, pak Satimun sudah berupaya, bagaimana agar semua petani dapat giliran air untuk mengairi sawahnya,” terang Sunardi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.