Petani Tambak Udang Vaname Cidaun Panen Raya, ini Kata Ketua LMDH

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mandiri Ahmad Ali Junaidi pelaksana tambak udang Klaster budidaya udang vaname berkelanjutan binaan BLUPPB Karawang di Ciwidik desa Kertajadi kecamatan Cidaun sedang diwawancarai

CIANJUR, RadarBangsa.co.id – Alhamdulillah, naik secara drastis. Hasil capaian tambak udang Klaster Budidaya Udang Vaname Berkelanjutan Cidaun, binaan Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang dan juga merupakan binaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia pada panen raya siklus – II hari ini.

Tampak hadir di lokasi tambak Forkopimca Cidaun diantaranya, camat kecamatan Cidaun Herlan Iskandar. S.IP, Kapolsek Cidaun AKP Sumardi. SH bersama personil, Koramil Cidaun bersama sejumlah personil, Pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mandiri, sejumlah awak media meliput kegiatan panen raya gelombang II, serta pekerja tambak di tambak udang Klaster budidaya udang vaname berkelanjutan binaan BLUPPB Karawang di Ciwidik desa Kertajadi kecamatan Cidaun. Kamis (14/10/2021).

Bacaan Lainnya

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mandiri Ahmad Ali Junaidi, ketua pelaksana tambak udang ini mengatakan, “sebelumnya pada Sabtu (18/09/2021) yang lalu telah dilakukan panen persial atau penjarangan sebanyak 5 ton, dan panen sekarang ini merupakan panen raya baru beres 3 kolam dan hasilnya diperkirakan 6 ton, berarti 2 ton perkolam, semuanya ada 15 kolam, berarti diperkirakan sekitar 30 ton ditambah 5 ton pada panen persial kemaren, maka seluruhnya ada sekitar 35 ton, berarti telah mencapai target.

“Ukuran size yang dipanen ini 30, 40, perkilo gram saat ditimbang. Waktu budidaya dari tebar benih sampai panen raya ini menghabiskan waktu 100 hari atau 3 bulan 10 sepuluh hari.

“Harapannya kedepan atas hadirnya kegiatan ini pertama keterlibatan masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Kedua, geliat ekonomi, ini yang paling pokok.

Kemudia kita berharap usaha ini lebih baik lagi, dan hasilnyapun lebih baik, karena banyak manfaat buat masyarakat banyak, bahkan kedepannya cita-cita kita harus nambahlah.

Camat kecamatan Cidaun Herlan Iskandar. S.IP menyampaikan tanggapannya atas tambak udang yang ada di Cidaun, “pertama kami mengucapkan trimakasih kepada pemerintah yaitu Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang telah membangun tambak udang di Pantai Ciwidik desa Kertajadi kecamatan Cidaun.

Kami sangat mendukung sekali atas usaha yang telah dibangun oleh pemerintah (KKP) Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mandiri yang berada diwilayah KRPH Cipandak Cidaun.

Harapan kedepannya, “kami berharap semoga tambak udang ini bisa lebih maju dan bisa mengakomodir perekonomian para petani yang berada pada kawasan LMDH.

Besar harapan kita para investor-investor lainnya tertarik dan mengembangkan tambak udang yang ada di kecamatan Cidaun, karena sepanjang pantai Cidaun memiliki potensi masih banyak yang bisa dijadikan sebagai lahan tambak udang. Jelas camat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *