Petilasan Ki Sepet Aking di Pudak Kulon Ponorogo yang Mulai Dilirik untuk Dikembangkan

Petilasan Ki Sepet Aking di Pudak, Ponorogo (IST)

PONOROGO, RadarBangsa.co.id – Di ujung timur Kabupaten Ponorogo terdapat petilasan keramat, yakni makam Ki Sepet Aking yang mana bertempat di Desa Pudak Kulon Kecamatan Pudak, Ponorogo.

Ki Sepet Aking diyakini sebagai sosok yang dulu mendirikan desa Pudak Kulon. Hingga kini makam tersebut masih sering dikunjungi oleh beberapa orang untuk berziarah.

Bacaan Lainnya

“Nggak hanya dari warga Pudak, beberapa dari luar (kecamatan Pudak -red) juga datang berziarah ke makam ini,” beber Langgeng, salah satu masyarakat sekitar petilasan tersebut. Rabu, (09/11/2022).

Sekretaris Desa Pudak Kulon, Lilik juga menjelaskan bahwa, setiap kamis kliwon masyarakat dari berbagai wilayah biasanya berdatangan untuk melakukan ziarah ke Makam Ki Sepet Aking ini.

“Biasanya setiap kamis kliwon ada semacam rutinan dari masyarakat sekitar pudak kulon dan bahkan dari luar desa juga yang datang untuk ziarah ke makam Ki Sepet Aking,” ujarnya.

Pemerintah Desa Pudak Kulon saat ini berupaya untuk melakukan perawatan dan pembangunan. Harapannya selain untuk merawat petilasan tersebut, tapi juga untuk mengembangkan agar ke depan dapat menjadi sebuah destinasi wisata religi di desa Pudak Kulon.

“Saat ini mulai kami kembangkan, salah satu upayanya pemerintah desa beberapa waktu lalu melakukan pembangunan di makam tersebut agar peziarah lebih nyaman. Dan rencana ke depan ini (makam Ki Sepet Aking -red) akan kami kembangkan biar bisa menjadi sebuah destinasi wisata religi,” tandas Lilik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *