Pilkades Serentak, Tga Pilar Wilayah Giat Safari di Desa Tosari

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019 diwilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, tiga pilar melakukan giat safari desa.

Hal itu dilakukan agar proses pelaksanaan Pilkades hingga pada puncaknya nanti dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu perlu adanya membangun sinergitas antara masyarakat dengan pemerintah dalam hal ini Forkompimda, baik dari Pemerintahan Kecamatan Tosari, Kepolisian dan juga TNI.

Dengan diawali menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, acara safari yang digelar secara serentak di Pendopo Desa Tosari, Kecmatan Tosari, Kabupaten Pasuruan pada Kamis (31/10) pukul 15.00 wib sampai 19.00 wib itu dihadiri sebanyak kurang lebih 100 orang.

Melalui sambutannya, Kapolsek Tosari yakni IPTU Bambang Tri S SH., MH meminta pentingnya menjaga sinergitas dan kerjasama antara elemen masyarakat dengan pemerintah dan Forkompimda lainnya.

Mengingat dari segi kapasitas jumlah personil atau petugas yang ada dilapangan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah masyarakat. Untuk itu perlu adanya kerja sama yang baik dari semua pihak, agar proses perjalanan Pilkades dapat berjalan seperti yang diinginkan bersama.

“Saya bangga pada desa Tosari karena dalam hal tes akademik di desa tosari bisa lolos semua dan tidak menimbulkan kerusuhan ataupun komplain dari calon kepala desa kepada panitia pusat dalam hal ini Pemerintah Daerah”. Ujar IPTU Bambang Tri S.SH.

Dari sejumlah pihak yang hadir dalam acara diantaranya Kompol Supriyono, S. Sos selaku Waka Polres Pasuruan, AKP Saifudin selaku Kasat Binmas, Iptu Bambang Tri S. SH., MH selaku Kapolsek Tosari beserta jajaran, Serma Imam dari Danposramil Tosari beserta jajaran.

Sementara dari jajaran pemerintahan setempat turut hadir Hari Hijroh Saputro, S.STP selaku Camat Tosari, Bakal Calon Kepala Desa se-Kecamatan, Ketua panitia Pilkades se-Kecamatan, Ketua BPD dan Anggota se-Kecamatan, Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan, Tokoh Agama se-Kecamatan, Tokoh Masyarakat se-Kecamatan dan Tokoh Adat se-Kecamatan Tosari.

Disambung oleh Camat Tosari Hari Hijroh Saputro, S.STP yang mana pada intinya agar diwilayah Tosari yang terdapat ada 8 desa yang sedang melaksanakan Pilkades serentak di Tosari tersebu dapat berjalan dengan lancar tanpa ada perselisihan.

“Alhamdulillah untuk para Cakades di Tosari ini tidak ada yang melaksanakan kampanye terbuka, namun mereka melaksanakan kampanye hanya Door to Door saja”. Ungkap Camat Tosari dalam pesan pidatonya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Pasuruan AKP Saifudin, yang mana dalam sasaran pengamanan Pilkades harus mengacu pada orang, tempat, benda dan giat.

“Saya bangga pada Cakades Tosari, karna masyarakat di sini adem ayem dan saya berharap pada saat pemilihan pilkades nanti yang kalah harus legowo (ikhlas). Untuk tahapan pelaksanaan jangan sampai ada intimidasi dan saling menjelekkan antara calon”.

Dirinya juga menambahkan, bahwa yang namanya pesta demokrasi bukan mengacu pada yang kalah ataupun yang menang. Melainkan bagaimana membangun Desa bersama agar menjadi lebih baik dan memberi manfaat bagi masyarakatnya.

Begitupun dengan kaitan memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat, pihak Polres Pasuruan menyediakan aplikasi Pas Mantap. Yang mana memberi solusi terbaik untuk cepat dan tepat apabila dalam pelaksanaan pilkades ada permasalahan melalui download aplikasi di play store.

Lebih lanjut untuk memberi pesan moral kepada masyarakat, Wakapolres Pasuruan Kompol Supriyono S. Sos meminta agar tidak terjadi gesekan antar pendukung dan masyarakat.

“Sebelumnya saya menyampaikan salam hormat dikarnakan bapak Kapolres tidak bisa hadir, dikarnakan beliau ada acara di polda jatim. Dan saya meminta di Tosari ini jangan sampai ada gesekan karna di tosari ini tempat wisata yg paling nyaman kita harus saling menjaga silaturahmi karna semua sudah ada garis tangannya kita harus siap kalah dan harus siap legowo”. Tukasnya Waka Polres Pasuruan.

Disela acara juga dilakukan penyematan udeng yang diberikan kepada Wakapolres Pasuruan dan Kasat Binmas Polres Pasuruan. Dan disambung dengan sesi diskusi, penanda tanganan deklarasi kesepakatan damai, penanda tanganan surat pernyataan Calon Kades dan ditutup dengan menyanyikan lagu “Padamu Negri” bersama.

Sedangkan untuk penutup acara agar berjalan sesuai yang diinginkan bersama, acara tersebut ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustad Abdulloh selaku Ketua PCNU Tosari bersama Mangku Keto dan Pendeta Sumarno dengan diakhiri pada acara ramah tamah. (ank/ek)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *