Pj Bupati Pasuruan, Apresiasi Tingginya Partisipasi Pemilih dan Kreativitas Penyelenggara Pemilu

Bupati Pasuruan

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto, mengungkapkan apresiasinya terhadap tingginya partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Pernyataan ini disampaikannya di sela-sela kunjungannya ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di empat wilayah Kabupaten Pasuruan, yaitu Kecamatan Gondangwetan, Pohjentrek, Kejayan, dan Bangil.

Bacaan Lainnya

Pj. Bupati Andriyanto memulai monitoring jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Pasuruan pada Rabu (14/2/2024) pagi hingga siang, dimulai dari TPS 4, Desa Bajangan, Kecamatan Gondangwetan. Kunjungan dilanjutkan ke TPS 11 di Desa Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, TPS 8 di Kelurahan Kejayan, Kecamatan Kejayan, dan terakhir di TPS 12 yang berlokasi di area stasiun Bangil.

Ditemani oleh Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Candra, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh. Noor Iskak, dan Wakapolresta Pasuruan Kompol Andria Diana Putra, Pj. Bupati Andriyanto secara langsung melihat aktivitas di masing-masing TPS yang dikunjunginya.

Dia berinteraksi dengan para pemilih yang terlihat begitu antusias dalam menggunakan hak pilihnya.

Tidak hanya itu, Pj. Bupati Andriyanto juga berdialog dengan Camat, Forkopimcam, Kepala Desa beserta jajarannya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan tim gabungan pengamanan Pemilu di setiap TPS yang dikunjunginya, termasuk unsur Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, dan Banser. Tujuannya adalah untuk memastikan kelancaran dan kondusifitas pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

“Saya melihat antusiasme masyarakat dan penyelenggara di TPS begitu luar biasa, terutama tingkat partisipasi pemilihnya. Di TPS 4 Desa Bajangan Gondangwetan, misalnya, sampai jam 9-nan saja, sudah 90-an dari 183 pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ujarnya, didampingi oleh Sekretaris Daerah Yudha Triwidya Sasongko, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan Zainul Faizin, Asisten Pemerintahan dan Kesra Diano Vela Fery, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Eddy Supriyanto, Camat Gondangwetan M. Hidayatullah, dan beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait.

Selanjutnya, Pj. Bupati mengapresiasi kreativitas penyelenggara Pemilu dalam menyemarakkan visual TPS-nya, seperti yang ditampilkan di TPS 4, Desa Bajangan, Kecamatan Gondangwetan, di mana seluruh tim panitia terlihat mengenakan busana adat Jawa. Dia juga mengungkapkan kekagumannya atas mekanisme yang diterapkan di TPS tersebut.

“Dari 4 TPS yang kami kunjungi, semuanya aman terkendali, dengan tingkat partisipasinya cukup tinggi. Insyaallah semua wilayah di Kabupaten Pasuruan kondusif. Dan nanti, apapun hasilnya saya kira akan tetap kondusif,” tandas Pj. Bupati Andriyanto.

Sementara itu, pantauan media, Setda Kabupaten Pasuruan, menunjukkan suasana meriah juga terlihat di TPS 11 Desa Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek. Panitia Pemilu di sana tidak hanya memakai busana seragam, tetapi juga menghias dinding TPS dengan berbagai dekorasi, menarik pemilih yang antre untuk memberikan suara mereka.

Selepas memasukkan surat suara ke kotak suara, panitia dengan sigap memberikan seikat mawar kepada pemilih, menggenapi pelayanan paripurna sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. Hal ini menunjukkan keseriusan dan komitmen para penyelenggara dalam menjalankan tugas mereka dengan baik dalam mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *