PKM Kebijakan Fakultas Unesa di Kota Blitar

  • Whatsapp
Proses Pelaksanaan Workshop Secara Online

BLITAR, RadarBangsa.co.id – PKM Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Bermuatan Moral dan Pendidikan Karakter yang Bebas Plagiarisme Pada MGMP PPKn SMA/SMK Se Kabupaten/ Kota Blitar yang diselenggarakan dalam rangka Kebijakan Fakultas Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya mendapatkan respon positif dari MGMP PPKn SMA/SMK Se Kabupaten/Kota Blitar.

Kegiatan ini dipelopori oleh tim PKM Pelatihan Pembuatan Artikel Bermuatan Moral dan Pendidikan Karakter Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara yang diketuai oleh Ibu Dr. Hj. Rr. Nanik Setyowati dengan anggota yakni Bapak Dr. M Turhan Yani, M.A., Bapak Prof. Dr. Warsono, M.S., Bapak Agus Satmoko Adi, S.S., Bapak Iman Pasu M.H.P, S.H., M.H. serta dibantu mahasiswa oleh Alifia Widianti.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan PKM Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Bermuatan Moral dan
Pendidikan Karakter ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, tahap yang pertama adalah workshop online, tahap kedua adalah penugasan mandiri, dan tahap ketiga adalah workshop secara langsung (luring) di Kabupaten/Kota Blitar.

Kegiatan workshop online ini dilaksakaan secara daring melalui platform
zoom oleh tim PKM yang sekaligus menjadi narasumber dalam pelaksanaan workshop tersebut, pelaksanaan workshop online dipandu oleh Master of Ceremony (MC) dari tim mahasiswa yakni Alifia Widianti, mahasiswa angkatan 2019 jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan FISH UNESA. Kegiatan workshop online berlangsung selama 4 jam, dimulai dari pukul 13.00 WIB siang sampai pukul 17.00 WIB.

Materi yang disampaikan dalam pelaksanaan worshop online terbagi menjadi 4 materi dengan narasumber ahli sesuai dengan bidangnya masing-masing sebagaimana berikut :
1. Artikel Bermuatan Moral dan Pendidikan Karakter yang disampaikan oleh Dr. M Turhan Yani, M.A.
2. Menulis Artikel yang Bermuatan Moral dan Karakter oleh Prof. Dr. Warsono, M.S.
3. Materi Artikel Ilmiah oleh Agus Satmoko Adi, S.S. dan Dr. Hj. Rr. Nanik Setyowati
4. Materi Aspek Hukum Plagiarisme oleh Iman Pasu, S.H, M.H

Dengan dipaparkannya materi yang keempat maka proses workshop secara online
sudah dilaksanakan, pada akhir pelaksanakan workshop Ibu Nanik selaku ketua tim
memberikan pengumuman kepada peserta supaya mereka membuat sebuah karya ilmiah yang nantinya akan diterbitkan oleh jurnal Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara FISH UNESA dan dalam prosseding nasional.

Kegiatan pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Bermuatan Moral dan Pendidikan
Karakter yang Bebas Plagiarisme Pada MGMP PPKn SMA/SMK Se Kabupaten/ Kota Blitar dilanjutkan dengan pelaksanaan workshop offline atau secara langsung di Kabupaten Blitarpada hari Jum’at, 6 November 2021.

Pelaksanaan kegiatan secara offline ini tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana yang berlaku. Kegiatan diawali dengan pemberian tugas bagi peserta secara berkelompok untuk membuat abstrak artikel yang maksimal harus dikumpulkan pada tanggal 16 Oktober 2021, dengan abstrak yang terkumpul sejauh ini ada 10 abstrak dari 10 kelompok.

Ada beberapa kelompok yang belum mengumpulkan abstrak, dan dari tim pelatihan artikel tetap mendorong untuk mengumpulkan dan mencoba mengidentifikasi masalah yang dialami peserta dalam penyusunan abstrak, dan hampir sebagian besar peserta terkandala terkait motivasi diri dan waktu untuk penyusunan abstrak.

Setelah itu peserta PKM diminta menyelesaikan abstrak menjadi full paper sesuai
dengan template Semnas Prodi PPKn yang diadakan pada taanggal 10 November 2021yang
sudah disampaikan saat kegiatan PKM. Full paper sampai dengaan saat presentasi tanggal 6 November 2021 hanya ada 6 judul saja.

Kegiatan luring dilakukan di Blitas bertempat di SMAN 4 Blitar pada tanggal 6 November 2021. Dari 10 kelompok yang siap dan maju presentasi ada 6 kelompok.

Sedang 4 kelompok masih berproses. Diharapkan saat tanggal 10 November 2021 semuanya siap menjadi artikel ilmiah yang bermuatan moral dan pendidikan
karakter yang bebas plagiarisme sesuai yang diharapkan.

Pada pelaksanaan kegiatan workshop offline ini peserta akan mempresentasikan tulisan dan proses finalisasi artikel, dan bagi kelompok yang belum menyelesaikannya artikelnya akan dilakukan pembimbingan dan review untuk mematangkan tulisan yang sudah digagas.

Dan bagi peserta yang telah memperoleh review maka peserta akan mendapatkan dorongan untuk mempublikasikan artikel serta memastikan bebas plagiarisme dengan menggunakan aplikasi cek plagiarisme seperti halnya turnitin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *