PKM Kimia Unesa Beri Pelatihan Produk Susu Kedelai Beras Merah Bagi Ibu Dharma Wanita Fmipa Unesa

Beras Merah dan Susu Kedelai

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Perlu diketahui, susu kedelai merupakan salah satu alternatif yang menyehatkan dan meningkatkan imunitas tubuh apalagi di masa pandemi Covid-19. Nah, secangkir susu kedelai mampu dinikmati dengan sarapan dan sehat yang akan membantu menyehatkan tubuh serta membangkitkan mood yang menyenangkan.

Sebuah ada riset baru-baru yang ditemukan bahwa, susu kedelai yang disandingkan dengan beras merah, mampu meningkatkan imunitas tubuh serta cocok juga dilakukan bagi ibu-ibu yang telah melahirkan.

Bacaan Lainnya

Oleh sebab itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Kimia Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan pelatihan menghasilkan produk susu kedelai beras merah kepada ibu-ibu Dharma Wanita Fmipa Unesa. Senin, (11/10).

Ketua Tim PKM Jurusan Kimia FMIPA Unesa, Amaria menjelaskan, susu kedelai ini memiliki susunan asam amino hampir mirip dengan susu sapi, tidak mengandung kolesterol dan tidak mengakibatkan alergi sesuai bagi orang-orang penderita lactose intolerance.

“Susu kedelai ini mengandung protein cukup tinggi yaitu 40-43%. Selain itu juga, mengandung senyawa antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan meskipun kandungannya jauh dibawah kedelai hitam,” beber Dosen Jurusan Kimia itu pada keterangan tertulisnya. Rabu, (27/10/2021).

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan ada perbedaan susu kedelai dengan lainnya dimana memakai beras merah. Karena beras merah memiliki sumber karbohidrat yang rendah kalorinya.

Beras merah juga salah satu alternatif pangan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tinggi serat, bebas gluten, dan tidak mengandung lemak trans.

“Sisi lain, beras merah ini memiliki manfaat luar biasa terutama kesehatan. Nah, manfaat beras merah adalah melawan radikal bebas (antioksidan), menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko obesitas, menjaga kesehatan kulit, mengatasi asma, dan menjaga kesehatan tulang gangguan sendi maupun osteoporosis,” tambahnya.

Susu kedelai mengandung beras merah ini tidak hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan pola hidup sehat di masa Pandemi Covid-19. Ternyata, juga bisa dikonsumsi bagi ibu yang menyusui.

“Karena susu kedelai mengandung beras merah ini mampu menjaga kestabilan berat badan, mencegah kelelahan, mencegah depresi pasca melahirkan, menstimulasi hormon, serta memasok energi bagi ibu menyusui,” tutup Amaria.

Tim PKM Jurusan Kimia FMIPA Unesa ini adalah Amaria (Ketua), beranggotakan Prima Retno Wikandari, Nuniek Herdyastuti, Prof Leny Yuanita, Prof Sari Edi Cahyaningrum, dan Amalia Putri Purnamasari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *