Plt Bupati Cianjur Membuka Webinar dan Talksho Bank BJB Bersama Bumde

  • Whatsapp
Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman bersama Pimpinan Cabang Bank BJB Kabupaten Cianjur Erry Rinaldi, sedang membuka acara Webinar dan Talkshow Bank BJB bersama BUMDes Se Kabupaten Cianjur [hms]

CIANJUR, RadarBangsa.co.id – Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman saat membuka acara Webinar dan Talkshow Bank BJB bersama BUMDes se Kabupaten Cianjur, menyampaikan; “salah satu upaya menuju desa yang mandiri yaitu dengan membentuk BUMDes”.

“Pemerintah kabupaten Cianjur mendukung dan mendorong kemandirian desa dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Manjur, sampai saat ini sudah ada sekitar 300 BUMDes yang telah berdiri dan sedang berjalan, dari 354 Desa se-Kabupaten Cianjur.

Bacaan Lainnya

Dari pantauan awak media tampak hadir dalam acara itu, Plt. Bupati H. Herman Suherman, Pimpinan Cabang Bank BJB Kabupaten Cianjur, Erry Rinaldi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (DPMD) Kabupaten Cianjur Ahmad Danial, Kabag Perekonomian dan Investasi Kabupaten Cianjur Cicih Permasih, Manager Bisnis Komersial Bank BJB Cianjur, Gilang Wahyudi Riswara, dari PT Value Stream, Asep Miftahurrohman, di ruang Gede Pangrango, aula kantor Bank BJB Cabang Kabupaten Cianjur, Kamis (15/04/2021).

Selanjutnya Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman menyampaikan dengan penuh semangat, “Saya wajibkan Pak Camat, Pak Kades membentuk BUMDes di setiap desa”.

Sekarang sudah hampir 300 desa yang sudah terbentuk BUMDesnya. Kedepan, harus seluruh desa sudah ada BUMDes-nya kalau desanya ingin menjadi desa manjur (Mandiri).

“Sebab dengan memiliki BUMDes Manjur, desa tersebut memiliki dana yang mengalir didalam desanya dan menarik dana dari luar untuk dapat di gunakan membangun desanya, menjadi desa Mandiri, Maju, Religius dan Berakhlak Mulia.

“Kabupaten Cianjur memiliki lahan pertanian yang luas dan dapat dikelola oleh desa menjadi desa-desa unggulan dengan produk yang memiliki nilai jual yang tinggi, begitupun dengan objek wisata alam dan juga perekonomian lokal bisa di jadikan sebagai sumber pendapatan dari BUMDes itu sendiri.

Saat ini Pemkab Cianjur sedang menseleksi calon direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD Cianjur Sugih Mukti). Mudah-mudahan di bulan Mei, sudah ada direksi yang proporsional yang bisa memanfaatkan potensi yang saya sebutkan tadi, yang akan membantu BUMDes-BUMDes dalam menyerap produk-produk pertaniannya sehingga memiliki keuntungan yang tinggi serta dapat mensejahterakan warga masyarakat Cianjur.

Saatnya kita membangun Cianjur yang maju mandiri dan religius serta berakhlakul karimah, sehingga dengan adanya “BUMDes Manjur” kita memiliki ketahanan pangan yang kuat, yang saat ini sangat di perlukan dimasa pandemi.

Pimpinan Cabang Bank BJB Kabupaten Cianjur, Erry Rinaldi dalam sambutannya mengatakan, “saat ini tengah berusaha mengoptimalisasi BUMDes untuk penguatan perekonomian desa, dari 354 desa, sudah 40 BUMDes yang telah terdaftar sebagai mitra PPOB Bank BJB.

“Kami akan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya desa dan BUMDes yang tentunya akan berimbas pada pendapatan APBDes, “kata Erry.

(AE Nasution)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *