Plt Camat Cidaun Bersama Tim Monev Pelaksanaan DD dan ADD Kunjungi Desa Puncak Baru

lt. Camat Cidaun Syofyan Sunuri. S. Sos didampingi tim monev DD dan ADD tahun anggaran 2022 dan Babinsa sedang melakukan pembinaan dengan perangkat desa Puncak Baru. (Dok photo AE Nasution/RadarBangsa.co.id)

CIANJUR, RadarBangsa.co.id – Plt. Camat Cidaun bersama tim Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) dari kecamatan Cidaun, melaksanakan silarurrahim, pembinaan perangkat desa, dan monitoring evaluasi pelaksanaan DD-ADD tahun anggaran 2022 di desa Puncak Baru, kecamatan Cidaun, kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat, Rabu (22/06/2022).

Tujuan dari silaturrahim dan pembinaan terhadap perangkat desa Puncak Baru ini adalah untuk mengeratkan hubungan silaturrahim antara pemerintahan kecamatan Cidaun dengan pemerintahan desa Puncak Baru. Dimana selama ini hubungan antara pemerintahan kecamatan dengan pemerintahan desa cukup baik, namun karena Plt. Camat dan sekretaris kecamatan (sekmat) Cidaun baru dilantik oleh Bupati Cianjur H. Herman Suherman, maka sangat dianggap perlu sekali dilakukan silaturrahim ini sehingga hubungan kedua belah pihak dapat terjalin lebih erat dan lebih baik, dengan harapan kedepannya pelayanan di desa sekecamatan Cidaun untuk mewujudkan kesejahteraan warga masyarakat lebih prima dari sebelumnya. Pada kesempatan itu juga Plt. Camat Cidaun menampung aspirasi warga masyarakat desa Puncak Baru.

Bacaan Lainnya

Kunjungan kerja, dan silaturrahim Plt. Camat Cidaun bersama tim, sekaligus melakukan pembinaan terhadap perangkat desa, yang dihadiri BPD, bagaimana dalam pelaksanaan pembangunan didesa agar saling bersinergi.

Babinsa desa Puncak Baru Koptu A Herdi menyampaikan, “di desa diharapkan agar selalu kompak, terbuka, trasparan, dan akuntabilitas.

“Selama ini ada unek-unek yang terpendam agar disampaikan, sehingga ada penyelesaiannya dan tidak disimpan sendiri pada akhirnya jadi penyakit.

Salah satu unek-unek masyarakat yang disampaikan salah seorang anggota BPD Puncak Baru adalah bagaimana caranya agar jembatan yang ambruk didesa Puncak Baru itu dapat dibangun kembali, karena jembatan yang dipakai sekarang ini adalah jembatan darurat bersifat sementara, hasil gotongroyong warga masyarakat.

Tim monev dipimpin langsung Plt. Camat Cidaun, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat Syofyan Sanuri. S. Sos, di dampingi Kasi Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat D. Hadiat. SH, Kusnasi. S. IP, Deden Mulyana. SE, pendamping desa sekecamatan Cidaun Supiandi. SH, Jeck Driver motor, dan jurnalis RadarBangsa.co.id.

Hadir dalam acara tersebut kepala desa Puncak Baru SUHERMAN (2020 – 2026), BPD, bersama perangkat desa Cibuluh, Babinsa desa Puncak Baru dari Koramil Cidaun Koptu A. Herdi dan pendamping lokal desa (PLD) untuk desa Puncak Baru, di Kantor desa Puncak Baru, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Rabu (22/06/2022).

Materi monev meliputi pengerjaan administrasi (RPJMDES, RKP desa, proposal, LPJ, dokumen BLT DD serta cek langsung ke lokasi kegiatan fisik yang didanai DD dan ADD.

Kunjungan langsung tim monev ke lokasi kegiatan bertujuan untuk secara langsung melihat dan meneliti hasil kegiatan fisik baik yang didanai DD maupun ADD guna memperoleh gambaran riil pelaksanaan kegiatan fisik guna bahan evaluasi ke depan, kajian, pembinaan dan tindak lanjut dari hasil monev.

Plt. Camat Cidaun Syofyan Sanuri. S. Sos dalam pembinaan terhadap perangkat desa Puncak Baru menyampaikan harapannya, “dengan dilakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan DD dan ADD Tahu Anggaran 2022, diharapkan pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan APBDes tidak ada kendala dan dilakukan sesuai dengan petunjuk dan pelaksanaan yang ada.” Paparnya

Dari hasil Monev beberapa saran dan masukan untuk desa disampaikan oleh Tim , Diantaranya menjaga kualitas dan kuantitats pekerjaan sesuai dengan RAB/RPD, tertib administrasi, tepat waktu, tepat mutu/kualitas, tepat sasaran dan melengkapi beberapa data dukung yang belum lengkap.

Bahkan, ia juga menyampaikan bahwa dalam pengelolaan anggaran harus ada keterbukaan dan ketrasparanan sehingga tidak ada fitnah.

Kepala Desa Puncak Baru Suherman menerima dengan baik saran, masukan Tim Monev dan akan secepatnya menindaklanjuti agar pelaksanaan DD dan ADD di Desa Puncak Baru lebih sempurna.

Akhir kunjungan, ba’da pembinaan terhadap perangkat desa, Plt. Camat Cidaun Syofyan Sanuri. S. Sos bersama tim, dan juga kepala desa Puncak Baru bersama perangkatnya lakukan monitor pembangunan pisik infrastruktur yang telah selesai dikerjakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.