PMI Kabupaten Pasaman Adakan Sosialisasi dan Ajak ASN Untuk Donor Darah

PASAMAN, RadarBangsa.co.id – Untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022, Palang Merah Indonesia Kabupaten Pasaman adakan sosialisasi donor darah dengan sasaran Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman

Momentum memperingati hari Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022 ini, PMI Kabupaten Pasaman adakan sosialisasi dan launching donor darah pada semua OPD, Pemerintahan Kecamatan, dan Pemerintahan Nagari, dan ini sesuai dengan arahan Bapak Benny Utama Bupati Pasaman selaku Pembina PMI Kabupaten Pasaman dan Sabar As Wakil Bupati Pasaman selaku Ketua PMI Kab.Pasaman. Hal tersebut disampaikan Erizal,S.Ag Ketua Markas PMI Kabupaten Pasaman saat memberikan sosialisasi di hadapan ASN Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman sewaktu pelaksanaan apel pagi. Selasa (09/08/2022).

Bacaan Lainnya

Pada sosialisasi donor darah tersebut, Erizal menyampaikan bahwa untuk tahap pertama ini akan dilaksanakan sosialisasi dan launching donor darah bagi ASN dilingkungan Pemkab Pasaman, dengan moto “PMI Tangguh”, Diakhir arahan Nya, Erzal selaku Ketua Markas PMI Kabupaten Pasaman berharap kiranya ASN dilingkungan Pemkab Pasaman, dan masyarakat secara partisipatif mau medonorkan darahnya yang dikelola oleh PMI Kabupaten Pasaman untuk kemanusiaan dan semoga menjadi amal ibadah, dan PMI Kabpaten Pasaman semakin tangguh nantinya. Tutur Erzal.

Untuk tahap awal ini sosialisasi dan launching donor darah dari PMI Kabupaten Pasaman adalah ASN pada OPD, Pemerintahan kecamatan, pemerintahan nagari, Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD di Kabupaten Pasaman. Ungkap dr.Helvi Yerizal selaku Kepala Bidang Pelayanan kesehatan, sosial dan donor darah pada PMI Kabupaten Pasaman saat mensosialisasikan donor darah di Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman sewaktu pelaksaan apel pagi, Selasa (09/08/2022)

Dr.Helvi juga berharap, dengan adanya sosialisasi donor darah ini akan tercukupinya ketersediaan darah untuk pasien di rumah sakit, minimal ada stok darah seratus kantong setiap bulanya.

Saat memberikan sosialisasi kepada ASN dilingkungan Dinas kominfo Kabupaten Pasaman, dr.Helvi mengatakan bahwa donor darah itu merupakan hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk kemanusiaan, dimana setetes darah kita bisa untuk menyelamatkan nyawa dari sesama yang membutuhkan, untuk itu kami mengajak ASN dilingkugan Pemkab Pasaman dan masyarakat, mari kita mendonorkan darah untuk kemanusiaan. Tutur dr.Helvi.

Dr. Helvi juga menyampaikan bahwa bagi pendonor darah yang telah terbiasa mendonorkan darah, bisa rentang dari umur 17 tahun sampai 60 tahun, dan bagi yang pertama donor darah maka umur maksimal adalah 50 tahun, berat badan lebih dari 50 Kg, tekanan darah normal, HB lebih dari, 12,5, lengan sehat untuk pengambilan darah, tidur cukup, makan dan sarapan sebelum pengambilan darah, tidak perempuan hamil, tidak menyusui, tidak sedang menstruasi, tidak mengkomsumsi narkoba, tidak mengkomsumsi obat dalam 3 hari terakhir, tidak mendapat imunisasi dalam 4 minggu terakhir. Ungkap dr.Helvi Yerizal sembari mengakhiri sosialisasinya.
Penulis Anafiah

.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.