Presiden Tiongkok menyampaikan sambutan dalam acara ‘Global Health Summit’

BEIJING, RadarBangsac.co.id – Presiden Tiongkok Xi Jinping mengikuti acara “Global Health Summit” dan menyampaikan sambutan lewat video dari Beijing pada Jumat lalu.

Acara ini digelar oleh Italia, negara yang mengetuai G20 pada tahun ini, dan Komisi Eropa.

Bacaan Lainnya

Dalam pidatonya, Xi mengimbau komunitas internasional agar memprioritaskan masyarakat dan kehidupan mereka, mengemban tanggung jawab dan keberanian politik, serta mengambil respons yang luar biasa atas tantangan yang luar biasa.

Menurut Xi, kita harus melakukan seluruh upaya ketika menangani setiap kasus penyakit, menyelamatkan setiap jiwa pasien, serta betul-betul menghormati prinsip dan martabat setiap nyawa manusia. Xi pun berkata bahwa kita harus mengurangi dampak potensial pandemi terhadap kehidupan masyarakat, dan menjaga ketertiban umum di tengah masyarakat.

Seperti yang disampaikan Xi, para anggota G20 harus menerapkan sejumlah kebijakan makroekonomi dan rantai pasok yang bertanggung jawab, serta terus membantu negara-negara berkembang.

Dengan memberi catatan bahwa pandemi kembali mengingatkan umat manusia yang memiliki masa depan bersama, Xi berkata bahwa manipulasi politik harus ditolak keras dalam penanganan Covid-19. Hal ini akan merusak kerja sama internasional untuk memberantas virus tersebut dan membahayakan warga dunia.

Dengan meminta negara-negara agar menolak nasionalisme vaksin, Xi mendorong keadilan dalam distribusi vaksin, serta aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang. Negara-negara penghasil dan pengembang vaksin harus bertanggung jawab memasok lebih banyak vaksin untuk negara-negara berkembang yang sangat memerlukannya.

Menurut Xi, kita wajib memperkuat dan memanfaatkan peran PBB dan WHO, serta menjunjung prinsip musyawarah, kontribusi bersama, dan manfaat bersama.

Tiongkok akan menyalurkan paket bantuan internasional baru senilai US$3 miliar dalam tiga tahun mendatang demi mendukung penanganan Covid-19, serta pemulihan ekonomi dan sosial di negara-negara berkembang lainnya, seperti yang diutarakan Xi.

Menurut Xi, Tiongkok akan berupaya memasok lebih banyak vaksin.

Tiongkok mendukung berbagai perusahaan vaksin yang mentransfer teknologi ke negara-negara berkembang, serta menjalankan aktivitas produksi bersama dengan negara-negara tersebut, menurut Xi.

“Mari kita bekerja sama dan bahu-membahu guna memajukan kerja sama internasional dalam pemberantasan Covid-19, membangun komunitas kesehatan global bagi semua pihak, serta berupaya mewujudkan masa depan yang lebih sehat dan cerah demi kemanusiaan!” ujar Xi.

(**/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *