Program Kreatif, Mahasiswa Unesa Surabaya Ciptakan Produk Siwalan Boba

Siwalan Boba, buatan Tim PKM K FEB Unesa

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM K) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB Unesa) memanfaaatkan buah siwalan dan berhasil menciptakan produk Siwalan Boba.

Ketua Tim PKM K, Marsha Cantika mengatakan bahwa, pada umumnya produk ini berasal dari pohon dengan nama latin Borassus Flabellifer L atau buah pohon Siwalan.

Bacaan Lainnya

Pohon Siwalan ini adalah salah satu jenis tanaman palem dengan tinggi tanamannya sendiri bisa mencapai 30.

“Pohon Siwalan ini hanya ada di berada pesisir tepatnya kota Tuban yang mengalami subur tanahnya. Maka itu, produksi buah siwalan di Tuban bisa dikatakan sangat melimpah, sehingga mampu memenuhi pasar lokal buah siwalan Tuban ini banyak distribusikan ke berbagai kota di pulau Jawa,” terang Marsha. Selasa (07/9/2021).

Karena banyaknya hasil yang diperoleh dari perkebunan siwalan ini maka, banyak warga yang menjadi petani buah siwalan. Buah siwalan ini mempunyai kadar air sebesar 93% dari keseluruhan total kadar air, mengandung banyak serat untuk memperlancar sembelit, serta mengandung berbagai vitamin, seperti halnya vitamin B, vitamin C, vitamin B2, dan vitamin B3.

Perpaduan Siwalan Boba ini berasal dari topping minuman boba dengan buah siwalan khas kota Tuban yang sehat untuk dikonsumsi dan tidak mengandung pengawet atau pemanis buatan.

Sebagai hasil produk PKM K FEB Unesa, Siwalan Boba siap dipasarkan dalam bentuk minuman dengan kemasan stand up pouch yang ringan, dan praktis dibawa kemanapun.

Selain itu manfaat produk Siwalan Boba ini adalah banyak kaya kadar air, kaya akan serat, dan kaya akan vitamin. Dan, adanya kehadiran produk ini juga ramah di kantong sehingga masyarakat tingkat menengah kebawah sering kali tidak bisa merasakan Boba dengan merasakannya pembelinya,” imbuhnya.

“Siwalan Boba merupakan topping minuman dengan campuran buah siwalan dengan tujuan meningkatkan nilai ekonomis dari buah siwalan kota Tuban, membuat olahan Boba lebih sehat dan rendah gula dengan campuran buah siwalan serta memperpanjang masa simpan buah siwalan dengan mengolahnya menjadi produk Boba. Siwalan Boba dapat di konsumsi menjadi topping segala jenis minuman,” tandas Marsha.

Selain itu, keunikan produk ini tidak seperti Boba pada umumnya sehingga Siwalan Boba ini mempunyai rasa yang sangat khas.

“Bahkan, kami berharap, adanya produk Siwalan Boba ini bisa menjadi pilihan utama topping minuman sehat berjenis Boba yang digemari masyarakat dan menjadikan masyarakat tidak was-was lagi dalam mengkonsumsi Boba ini,” ucapnya.

Tim PKM K FEB Unesa diketuai oleh Marsha Cantika yang beranggotakan Siska Khoirun Nikmah, Andrean Rafliansyah Putra Ismanto, Novalinda Mutiara Agvira Qurota Ayuni, dan Brigitha Alfina Maharani yang didampingi oleh dosen pembimbing Mariana.

(yat/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *