Rajiun Hadir, Uji Coba Aspal CPHMA Sebelum Digunakan Pada Jalur Ringroad Mubar

0
653

Mubar- Sultra, Radarbangsa.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan uji coba material aspal Cold Paving Hot Mix Asbuton ( CPHMA) yang nanti akan digunakan untuk pengaspalan jalan ringroad sepanjang 36 kilo meter.

Bupati Mubar, La Ode M. Rajiun Tumada mengatakan untuk memberikan layanan transportasi yang prima kepada masyarakat maka jalan ringroad yang merupakan ikon Mubar akan diaspal dengan jenis aspal tersebut.

“Aspal jenis CPHMA ini kita coba dulu dengan panjang 52 meter dan lebar 4.5 meter. Uji coba ini dilakukan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah pada Senin (4/2/19),” jelas Rajiun.

Menurut Rajiun, uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui seperti apa kualitas aspal tersebut. “Sebelum kita gunakan di jalan ringroad makanya kita tes dulu. Tujuannya untuk mengetahui kualitas aspal itu. Pada uji coba itu kita bekerjasama dengan PT. Perkasa Bangun Mandiri,” tandasnya.

Ia mengatakan kegiatan ini erat kaitannya dengan tugas dan fungsi pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan layanan transportasi yang memadai kepada seluruh rakyat Mubar.

Kata dia, aspal jenis CPHMA ini adalah aspal yang punya kualitas bagus.

“CPHMA ini oleh sejumlah daerah maju sudah memanfaatkannya. Seperti Tol Cipularang, Kota Surabaya, Jakarta dan Jawa Barat. Jadi saya pikir sangat bagus kalau jalan ringroad memakai CPHMA. Supaya masyarakat merasa nyaman ketika melintas di jalan ringroad,” terang Rajiun.

Rajiun menyebutkan, CPHMA adalah aspal yang bermutu. Jenis aspal ini di produksi di Lawele, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Tambah Rajiun, dalam perencanaannya jalan ringroad material CPHMA ini akan dipadukan dengan batu kerikil dari Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Yang kita pakai semua kualitas nasional. Saya tidak mau main-main dalam hal pembangunan jalan ringroad Kota Laworo, yang rencananya akan kita lakukan tahun 2019 ini,” pungkasnya dengan nada optimis. (Rul)

LEAVE A REPLY