Rakor Polres Sumenep; Malam Takbir Idul Fitri 2020 Jalan Kota Sumenep Akan Ditutup Total

  • Whatsapp
Rapat Koordinasi Pengamanan Malam Takbir Idul Fitri Tahun 2020 di Mapolres Sumenep

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Sebagai wujud kepedulian media publikasi dalam melaksanakan fungsi jurnalistik atau kewartawanab sebagai penyampai informasi dan edukasi, serta turut serta dalam mensosialisasikan kepada masyarakat, terkait dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, ditengah merebaknya wabah Covid-19, khususnya di Kabupaten Sumenep.

Pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 pukul 20.00 Wib sampai selasai, Polres Sumenep melaksanakan Rapat koordinasi (Rakor) pengamanan malam Takbir Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 (1441 Hijriyah), bertempat di Mapolres Sumenep, Jl. Urip Sumoharjo No.35 Desa Pabian Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Sabtu, (23/05/2020).

Bacaan Lainnya

AKP Widiarti Setioningtyas, SH. Kasubbag Humas Polres Sumenep, saat dikonfirmasi media ini, mengizinkan untuk dipublikasikan, bahwa pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 pukul 20.00 WIB bertempat di ruang data, atau Posko Bag Ops Mapolres Sumenep, telah dilaksanakan rapat koordinasi kersiapan pengamanan malam Takbir Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 (1441 H) Kabupaten Sumenep yang dipimpin oleh Kabag Ops Sumenep Kompol Sutrisno SH., yang diikuti 10 orang.

Kompol Sutrisno, SH., Kabag Ops Polres Sumenep., dalam rangkaian kegiatan tersebut menyampaian yang intinya ; Untuk menindak lanjuti Vidcon (video conference) dengan Forpimda Jawa Timur, dan terkait Hari Raya Idul Fitri tahun 2020, perlu adanya koordinasi untuk mengambil kebijakan dilapangan.

“Hal-hal yang memiliki keterkaitan dalam mencegah adanya penyebaran Covid-19, yang bisa timbul di kerumunan-kerumunan, dan menghimbau kepada tokoh-tokoh agama secara humanis dan persuasif agar tidak ada yang melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid, dan apabila masih ada agar pihak keamanan mengamankan sesuai protokol kesehatan. Dan disampaikan bahwa, penekanan untuk mudik tidak diperbolehkan sehingga petugas di Posko Chek Poin agar diperketat kembali,” jelas Kompol Sutrisno, SH., dalam penyampainnya.

Selanjutnya, Mayor Inf Hendro Prapto Mukti, Kasdim Kodim 0827/Sumenep, menyampaikan yang intinya ; Akan mendukung dan membeckup personil pengaman sesuai dengan rencana Polres Sumenep, dan Kodim akan mendata kekuatan personil terlebih dahulu sesuai kekuatan personil dan akan di sampaikan ke Polres Sumenep, serta hasil rapat akan di laporkan ke Komando atas,” jelasnya.

Selanjutnya, AKP Deddy Eka Aprianto, S.H., Kasat Lantas Polres Sumenep, menyampaikan yang intinya ; Personil Lantas Polres Sumenep akan menerjunkan maksimal anggota, dan Alat kelengkapan (Alkap) sudah siap apabila ada kekurangan mohon bantuannya dari instansi lain.

Selanjutnya, IPTU Rochim Soenyoto, S.H., Kasat Intelkam Polres Sumenep menyampaikan yang intinya ; Akan menyiapkan personil sebagai pengamanan tertutup sesuai dengan personil.

Selanjutnya, Fajar Russalam, Sekdis Satpol PP Sumenep menyampaikan yang intinya; Satpol PP Sumenep siap mendukung kegiatan dalam rangka pengaman malam Takbir, dan kekuatan personil akan dirapatkan interen dan akan disampaikan ke Polres Sumenep, dan Kami akan menyampaikan ke Kasatpol PP terkait hasil rapat koordinasi pengamanan malam Takbir.

Selanjutnya, Bambang S., Senkom Kabupaten Sumenep menyampaikan yang intinya ; Akan mendukung kegiatan yang sudah di rencanakan dari Polres Sumenep.

Selanjutnya, Agus Tiono S, Kadis Hub Kabupaten Sumenep menyampaikan yang intinya; Akan membantu penyediaan Water Road Barrier atau pembatas jalan apabila dari Polres Sumenep ada kekurangan, dan Akan memaksimalkan anggota guna mendukung dalam pengamanan penyekatan jalan, serta Kami akan mengikuti dan mendukung rencana dari Polres Sumenep.

Adapun hasil Rapat Koordinasi tersebut, Menghimbau masyarakat untuk tidak dilaksanakan Takbir keliling di jalan raya apalagi menuju Kota Sumenep.

“Bupati bersama Forkopimda akan melaksanakan Takbir OnLine yang di pusatkan di Pendopo Kabupaten Sumenep, dan ditempatkan di Ponpes Al – Amin Prenduan dan Ponpes Anuqayyah Kecamatan Guluk – Guluk,” terangnya.

Selanjutnya, Menghimbau agar masyarakat tidak ada silahturahmi ke rumah-rumah dalam perayaan Idul Fitri (salam – salaman atau maaf – maafan) agar dilakukan dengan lewat telepon atau media online.

“Penyekatan titik titik, simpul simpul jalan masuk wilayah Kota Kabupaten Sumenep antara lain; Simpang tiga kantor BLK Desa Parsanga, Simpang Tiga Cukir Desa Pamolokan, Simpang tiga saluran Air Desa Pamolokan, Simpang tiga Asta Tinggi Desa Kebunan, Simpang tiga lingkar Barat Desa Batuan, Simpang tiga Trisakti Desa Babalan, Simpang tiga Rumah Dinas Kapolres Desa Pabian, Simpang tiga Jl. Adirasa Desa Kolor, Simpang tiga Jl. Arya Wiraraja Desa Babalan, Simpang empat pelar Desa Pandian,”

Adapun ploting Personil pengamanan penyekatan jalan disesuaikan dengan Personil masing – masing Instansi, dan Sebelum pelaksanaan hari H, akan dilaksanakan apel gelar di Mapolres Sumenep pada pukul 15.30 WIB, dan akan tetapi resminya menunggu pengumuman dari Pemerintah.

“Masing – masing Pos akan di pimpin oleh Padal dari Polres Sumenep, dan tugas Padal dalam pos – pos penyekatan akan melakukan himbauan persuasif kepada masyarakat tidak boleh masuk wilayah Kota Sumenep, terkait adanya masyarakat Kota yang terpapar dan tidak boleh melaksanakan takbir keliling,” tegasnya.

Selanjutnya, Kapolsek dan Danramil melakukan himbauan kepada masyarakat terkait malam takbir mulai dari sekarang dalam rangka pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan Silahturahmi ke wilayah Kecamatan Kota Sumenep, karena jalan menuju Kota akan di tutup total.

“Hadir dalam kegiatan Rakor tersebut; Kabag Ops Polres Sumenep, Kompol Sutrisno, SH., Kasdim Kodim 0827/Sumenep Mayor Inf Hendro Prapto Mukti., Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Deddy Eka A., Kasat Sabara Polres Sumenep AKP Abd Mukid., Kasat Intelkam Polres Sumenep Rochim Soenyoto, S.H., Kasubbag Dalops Polres Sumenep IPTU Siswantoro., Kadis Hub Kabupaten Sumenep Agus Tiono S., Senkom Kabupaten Sumenep Bambang S., Sekdis Satpol PP Fajar Russalam, dan Bati Ops Kodim 0827/Sumenep Peltu Moh. Husni. Kegiatan selasai pada pukul 21.30 Wib dengan tertib dan aman,” pungkasnya.

(ONG).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *