Resmi Pemkab Lampung Timur Luncurkan Aplikasi ‘Si Cantik’

  • Whatsapp
Peluncuran ayau launching aplikasi Si Cantik Cloud dan Penerapan Tanda Tangan Elektronik (E-Signature) tersebut dihadiri Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi di Ruang Rapat Utama Setdakab [kmf]

LAMPUNG TIMUR, RadarBangsa.co.id – Resmi Pemkab Lampung Timur Luncurkan Aplikasi ‘Si Cantik’ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu meluncurkan aplikasi Si Cantik Cloud. Seperti apa aplikasi ini?

Peluncuran ayau launching aplikasi Si Cantik Cloud dan Penerapan Tanda Tangan Elektronik (E-Signature) tersebut dihadiri Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi di Ruang Rapat Utama Setdakab Lampung Timur, Senin (3/5/2021).

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam peluncuran aplikasi tersebut di antaranya Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Lampung Timur, Wan Ruslan; Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, M.Yusuf HR; perwakilan SKPD dan OPD Kabupaten Lampung Timur, serta Camat se-Kabupaten Lampung Timur.
Dalam sambutannya, Azwar Hadi menyampaikan terimakasih serta apresiasi kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atas terwujudnya aplikasi Si Cantik Cloud dan Penerapan E-Signature.

“Dengan hadirnya inovasi ini diharapkan menjadi solusi dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Bumei Tuwah Bepadan Kabupaten Lampung Timur serta dapat mengurangi hambatan pelayanan perizinan yang selama ini menjadi permasalahan kita,” kata Azwar hadi.

“Sehingga ke depan mampu menghilangkan citra negatif dari masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan publik khususnya pada bidang perizinan,” lanjutnya.
Dalam kesempatan itu, Azwar Hadi juga berharap kepada jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten Lampung Timur agar dapat selalu bersinergi dalam upaya meningkatkan kinerja sesuai dengan beban tugas dan kewenangannya masing-masing.

“Saya berharap kepada jajaran Pemerintah Daerah agar yang bertugas pada instansi layanan publik harus menunjukkan integritas dan anti terhadap praktik pungli serta tetap disiplin dan konsisten sesuai waktu pelayanan. Selain itu, jangan lupa sebarluaskan informasi kepada masyarakat untuk mengurus perizinannya secara mandiri tanpa melalui perantara atau calo,” ujarnya.

Tentang Si Cantik Cloud

Dikutip dari Website Kominfo, Si Cantik Cloud merupakan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terintegrasi untuk publik berbasis Sistem Cloud yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara gratis.

Si Cantik Cloud ini merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) untuk perijinan berusaha maupun layanan lain yang dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP).

OSS dibuat dengan tujuan mempermudah sistem perizinan yang lebih mudah dan terintegrasi secara nasional dan untuk menjamin keamanan layanan. Setiap Izin yang diajukan ke Si Cantik Cloud akan diawasi oleh Kemendagri dan KPK untuk pengawasan eMonev, audit KPK dan bank daerah.

Adapun keunggulan yang ditawarkan aplikasi Si Cantik Cloud ini adalah sebagai berikut:

1. Mudah (User Friendly), Aplikasi siCANTIK Cloud adalah Platform Aplikasi Perizinan Terpadu berbasis Cloud yang dapat digunakan kapan saja

2. Fleksibel dan Dinamis, Aplikasi siCANTIK Cloud dapat dikonfigurasi sesuai dengan SOP pelayanan perizinan maupun non-perizinan di K/L/D.

3. Cloud Based & Maintenance Free, tidak perlu menyediakan domain, server, hosting dan/atau data center.

4. Infrastruktur dan Keamanan, Layanan Aplikasi siCANTIK disediakan dan dikelola oleh Kementerian Kominfo.

5. Menghilangkan tatap muka.

6. Mempercepat dan mempermudah Proses Perizinan.

7. Efisien, Transparan, Akuntabel.

(Toha/KMF)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *