RKPDes TA 2021 di Sumenep, Kades : Sinergitas Pemdes dan BPD dalam Memakmurkan Desa

  • Whatsapp
Kopyah Hitam : Ainur Ridha, S.Pd.I., Kepala Desa Kalisangka Saat Acara Musdes RKPDes TA 2021 Di Balai Desa Kalisangka Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep Jawa Timur. (Foto: Ong)

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Pemerintah Desa Kalisangka Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep Jawa Timur pada hari ini Sabtu tanggal 9 Desember 2020 sekira pukul 08.00 Wib sampai selesai, melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) dengan agenda Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2021 Dan Laporan Realisasi APBDes Tahun Anggaran 2020 bertempat di Balai Desa Kalisangka Kecamatan Arjasa Sumenep Jawa Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Arjasa, Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perangkat Desa, Pendamping Desa Kemendes PDTT RI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Desa Kalisangka. Sabtu (09/01/2020)

Bacaan Lainnya

Ainur Ridha, S.Pd.I., Kepala Desa Kalisangka dalam sambutanya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musdes dengan agenda Penetapan RKPDes TA 2021 merupakan tindak lanjut dari Musdes perencanaan beberapa bulan yang lalu.

“Tujuan Musdes RKPDes TA 2021 ini adalah untuk menetapkan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kalisangka pada tahun 2021, sesuai dengan amanah Undang – Undang Desa No.6 tahun 2014. Selain itu Pemdes Kalisangka juga menyampaikan laporan realisasi APBDes TA 2020,” jelasnya.

Selanjutnya Ainur Ridha menyampaikan bahwa RKPDes merupakan representasi dari usulan warga Desa Kalisangka berupa kegiatan pembangunan dan pembedayaan masyarakat Desa yang akan di danai dari Anggaran Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD) Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

“Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, demokratis dan akuntabel, sehingga seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan benar – benar bersumber dari aspirasi masyarakat dan bukan kepentingan pribadi ataupun golongan tertentu,” tegasnya.

Tiga poin penting yang sangat diharapkan oleh Ainur Ridha selaku pucuk pimpinan Pemerintah Desa Kalisangka antara lain.

Pertama, Pemerintah Desa Kalisangka meliputi seluruh perangkat Desa selalu kompak, disiplin dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan sistem Pemerintahan Desa Kalisangka.

Kedua, Terjalin sinergitas yang baik antar unit, satuan ataupun jajaran perangkat Desa dan juga dengan BPD agar regulasi pembangunan juga berjalan secara baik, utuh, transparan dan berkesinambungan sebagaimana yang kita sepakati dalam Musdes RKPDes.

Ketiga, Khusus bagi seluruh perangkat desa agar menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebaik mungkin, sehingga roda Pemerintahan di Desa Kalisangka ini terlaksana sesuai dengan visi dan misi memakmurkan Desa yang menjadi cita-cita kita bersama.

“ADD/DD hanyalah uang titipan, yang di amanahkan kepada Desa yang bertujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Desa Kalingsangka,” pungkasnya.

Supriyanto, Danramil 0827/18 Kangean Kecamatan Arjasa dalam sambutannya berharap dengan bergulirnya ADD/DD di Desa Kalisangka dapat digunakan sebaik – baiknya untuk kesehahteran dan kemakmuran masyarakat Desa Kalisangka.

“Tujuan digulirkannya program Pemerintah berupa ADD/DD ini salahsatunya adalah agar tercipta masyarakat yang dinamis, aman dan sejahtera,” ujarnya singkat.

Taufik Rahman, salahsatu tokoh masyarakat dalam kesempatan tersebut berharap agar diterapkan skala prioritas penggunaan Dana Desa (DD) TA 2021, diantaranya yaitu penguatan ekonomi Desa dengan program pemberdayaan masyarakat desa melalui unit – unit yang ada di Pemerintahan Desa itu sendiri, seperti BUMDes, UMKM, TP PKK Desa dan lain sebagainya.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat desa salahsatunya dengan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) minimal 50% dari pagu setiap kegiatan adalah untuk belanja jasa, seperti pekerja atau tukang,” ujarnya.

Rafi’ii Rahman, Sekdes Kalisangka selaku Ketua tim penyusun RKPDes TA 2021, pada saat memimpin acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan – kegiatan yang direncanakan melalui Musdes RKPDes TA 2021 ini akan diupayakan dapat terlaksana dengan sebaik – baiknya, tentu dengan dukungan moril serta Do’a dari masyarakat, sehingga hasilnya nanti benar – benar bermanfaat khususnya untuk warga Desa Kalisangka, dan masyarakat pada umumnya.

“Tentunya menjadi harapan kita bersama, pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa Kalisangka ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Sinergitas dan kerjasama yang baik seluruh elemen masyarakat akan menentukan kelancarannya demi terwujudnya pembangunan masyakarat yang adil, makmur dan sejahtera,” pungkasnya.

(ONG)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *