RPJMD 2021-2026 Lamongan, Fokus Terwujudnya Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan 

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Acara Penandatanganan Bersama Nota Kesepakatan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lamongan Tahun 2021-2026, Selasa (20/04). Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lamongan.

Bupati Lamongan menyampaikan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Lamongan Tahun 2021-2026 akan berfokus terhadap visi Bupati Yuhronur Efendi dan Wabup Rouf yakni Terwujudnya Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan.

Bacaan Lainnya

Bupati menjelaskan, Kejayaan Lamongan adalah suatu kondisi terwujudnya Lamongan sebagai kabupaten unggul dan maju, sejahtera lahir batin, terdepan dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sumber daya manusia di Jawa Timur.

Sedangkan Berkeadilan adalah suatu kondisi Lamongan yang semakin merata pelaksanaan pembangunan dan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya serta semakin menurun kondisi ketimpangan antar wilayah.

Berkeadilan juga bermakna keberpihakan untuk melindungi dan membina masyarakat yang secara ekonomi dan sosial yang secara kategori memerlukan perhatian lebih dengan kehadiran pemerintah daerah.

“Visi RPJMD Kabupaten Lamongan Tahun 2021-2026 adalah terwujudnya kejayaan Lamongan yang berkedilan, sementara itu lima misinya yakni mewujudkan kemandirian ekonomi daerah melalui optimalisasi potensi unggulan daerah.

Mewujudkan SDM unggul, berdaya saing dan berahklak yang responsif terhadap perubahan zaman, serta Mewujudkan infrastruktur handal dan berkeadilan yang berwawasan lingkungan,” ucapnya.

Lebih lanjut Yuhronur mengungkapkan, misi selanjutnya yakni mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang sejahtera, religius berbudaya, aktif dalam pembangunan, serta lingkungan yang aman dan tentram.

Serta, menghadirkan tata kelola pemerintahan yang dinamis, serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas sebagai upaya optimalisasi reformasi birokrasi.

Misi dan visi tersebut kemudian tertuang dalam 11 program prioritas yang menjadi acuan dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

Diungkapkan oleh Yuhronur, 11 program tersebut yakni program pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, infrastruktur, pertanian dan perikanan, umkm, pemuda dan olahraga, pariwisata, pelayanan publik, sosial kesejahteraan dan pembangunan desa.

Adapun tahapan demi tahapan dalam penyusunan rancangan awal RPJMD telah dilaksanakan sesuai Undang-undang yang berlaku. Dalam hal tersebut, Bupati Lamongan turut mengapresiasi atas persetujuan dan penandatanganan yang dilakukan bersama DPRD Lamongan.

Sementara itu, Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur mengungkapkan apresiasinya atas pencapaian dan penghargaan yang telah diperoleh Bupati Yuhronur.

Pihaknya juga berpesan agar eksekutif turut memperhatikan rekomendasi baik terkait beberapa potensi daerah yang perlu diakomidur, seperti bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta bidang-bidang lainnya.

“Dari hasil pembahasan, saya berharap dalam rancangan akhir RPJMD memperhatikan saran dan rekomendasi DPRD. Terkait beberapa potensi daerah yang perlu diakomodir, seperti bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta bidang-bidang lainnya untuk disesuaikan.

Yang kemudian dapat disampaikan rancangan awal RPJMD ini kepada Gubernur, sehingga rancangan perda RPJMD dapat disampaikan tepat waktu,” terang Ghofur.

(iful)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *