RSUD Grati Terapkan ‘Sister Peri’ , Bupati Pasuruan Meraih Penghargaan

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – Bupati Pasuruan Dr.HM Irsyad Yusuf, SE, MMA, sukses meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 di kategori kesehatan, Senin (03/10/2022).

Penghargaan tersebut diberikan atas inovasi yang berhasil mengoptimalisasi pelayanan kesehatan dalam menerapkan Sistem Pelayanan Terpadu Geriatri (SISTER PERI) di Kabupaten Pasuruan.

Bacaan Lainnya

Pelayanan tersebut merupakan bentuk optimalisasi pelayanan kesehatan terhadap lansia yang jumlahnya relatif besar di wilayah Kabupaten Pasuruan. Saat ini, SISTER PERI dioperasikan di RSUD Grati dengan mencakup sebanyak 65.948 jiwa lansia yang berdomisili di total 12 kecamatan di wilayah timur Kabupaten Pasuruan.

RSUD Grati berinisiatif menciptakan pelayanan khusus bagi lansia berupa Klinik SISTER PERI yang memberikan layanan one stop service tanpa antri, serta ruang klinik dengan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan holistik dalam satu ruangan khusus bagi pasien lansia.

Direktur RSUD Grati, drg. Dyah Retno Lestari, M. Kes. pengagas Sistem pelayanan kesehatan Inovasi RSUD Grati menjelaskan, yang diperuntukkan khusus bagi pasien yang berusia 60 tahun ke atas (LANSIA-GERIATRI)’

“SISTER PERI ini dibentuk pada 17 Juli 2020, dengan tujuan sebagai bentuk kepedulian, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terhadap kesehatan para lansia, serta untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat layanan awal, dengan sebutan “One Stop Service-Tanpa Antri”, dimana pasien lansia berobat ke Klinik Geriatri RSUD Grati disediakan ruangan khusus dengan sofa yang nyaman tidak tercampur dengan pasien lain,” jelasnya

Masih kata Retno, Layanan Inovasi SISTER PERI terus berjalan mendekatkan diri kepada masyarakat, dan akan terus berinovasi menambah jenis layanan.

“Semoga dengan layanan Inovasi SISTER PERI RSUD Grati dapat mempermudah akses bagi para lansia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup para lansia di Kabupaten Pasuruan,” paparnya

Bupati Pasuruan Dr. HM.Irsyad Yusuf, SE, juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung keberhasilan pelaksanaan inovasi SISTER PERI di Kabupaten Pasuruan.

“Terima kasih kepada MNC Portal Indonesia MNC Group yang telah memberikan apresiasi kepala daerah inovatif 2022,” ucapnya

Lanjut Bupati, Alhamdulillah saya salah satu yang berkelanjutan, meraih apresiasi, saat ini adalah kategori bidang kesehatan, terutama inovasi yang kami lakukan adalah SISTER PERI.

“Selain mendapatkan penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 Kategori Kesehatan, saya juga meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif Berkelanjutan,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *