RSUD Moh. Anwar Sumenep Alokasikan Anggaran DBHCHT 2,480 Miliar Rupiah Untuk Alkes

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh Anwar Sumenep terima Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sebesar 2,480 miliar.

Secara keseluruhan Anggaran DBHCHT tersebut akan dialokasikan untuk fasilitas Alat Kesehatan (Alkes) yang difungsikan di sejumlah ruangan RUSD Moh. Anwar Sumenep.

Bacaan Lainnya

Diantara Alskes yang dimaksud, yakni Mobile X Ray, Homedinamik, Sunction Pump Mobile, Fetal Dopler, Sanitarian Kid dan lain-lain diantaranya.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Hj. Erliyati, M.Kes., melalui Kasi Informasi Arman Endika mengatakan, dari sejumlah Alkes tersebut akan diletakkan di ruangan sesuai dengan fungsinya.

Seperti Mobile X Ray yakni alat kelengkapan untuk meningkatkan pelayanan Pasien yang ada di IGD.

Fungsi Mobile X Ray Kata Pria yang akrab di sapa Arman, alat ini bisa memberikan pelayanan di IGD langsung tanpa pasien harus dibawa ke ruang radiologi.

“Alat ini seperti Rontgen dan kita beli itu beserta printernya”, Kata Arman Kamis (29/9/2022).

Yang kedua lanjut Arman, yakni Homedinamik yang dapat memantau indikator peredaran darah, selain itu ada pasien monitor yang akan menampilkan detak jantungnya, kadar oksigen dalam darah.

“Alat ini berfungsi memantau indikator vital dari pasien agar jika terjadi kegawatdaruratan segera teratasi. Tentunya alat ini lebih detil dari kerja alat pasien monitor yang sudah ada,” terangnya.

Fasilitas lain yang juga bakal ada di rumah sakit Plat Meeah ini, berupa alat suction pump mobile yang akan ditempatkan di UK.

Fungsi alat ini Ujar Arman, dapat menyedot cairan, caoran apa saja di dalam tubuh, Terang dia.

Fetar Dopler juga menjadi Alkes yang akan di sediakan oleh RSUD Moh. Anwar.

Fetar Dopler ini lebih lanjut Arman menjelaskan, fungsinya untuk mengetahui kesehatan dari bayi yang masih di dalam kandungan.

Arman memprediksi, sejumlah Alkes tersebut lengkap secara fisik ada di RSUD Moh. Anwar ini di bulan Desember 2022.

Jadi di Akhir tahun ini Alat Kesehatan tersebut dapat di manfaatkan oleh masyarakat Sumenep pada akhir tahun ini.

“Semoga di bulan Desember ini semua Alkes dapat di dioperasikan”, Tutup Arman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *