Rumah Satukin Warga Desa Jatikalang Segera Direhab Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO, RadarBangsa.co.id – Rumah Satukin yang berukuran 3×6 meter berdiding bambu dan berlantai tanah itu tak lama lagi akan direhab oleh Pemkab Sidoarjo. Ia berharap usai direhab nanti, istrinya, Lailatul Kholifah dan anaknya Muhammad Zaki Elfatah (3,5) bisa tinggal lagi bersamanya. Selama ini, Satukin tinggal sendirian, karena Lailatul Kholifah memilih tinggal di rumah orang tuanya yang masih dalam kawasan Kecamatan Prambon.

Satukin merupakan warga Desa Jatikalang, Kecamatan Prambon. Laki-laki umur 45 tahun itu sehari-hari bekerja sebagai Kuli Bangunan. Jika pekerjaan sepi, ia bersedia bekerja apasaja, alias kerja Serabutan.

Bacaan Lainnya

Di rumahnya, Satukin memelihara seekor burung jenis kicau. Sehari-hari burung itu yang menjadi hiburan disaat pulang dari kerja.

Ia memaklumi, kenapa istrinya memilih tidak tinggal serumah. Kondisi rumahnya memang sangat jauh dari layak, apalagi ditinggali anaknya yang masih berumur 3,5 tahun.

“Harapannya, setelah selesai direhab nanti, istri dan anak saya bisa berkumpul lagi disini,” ucap Satukin usai menerima kunjungan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di rumahnya, Dusun Suwaluh, RT. 4 RW. 3, Desa Jatikalang, Kecamatan Prambon. Kamis, (22/9/2022) Siang.

Mendengar kisah hidup Satukin yang nampak tabah dan tegar itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor berharap, kehidupan Satukin diberikan kelancaran dan keberkahan.

Putra KH. Agoes Ali Masyhuri itu berpesan kepada Satukin untuk tetap menjaga semangat. Giat dalam bekerja dan kurangi mengeluh.

“Sabar ya, tetap semangat mas Satukin. Kerja yang semangat jangan malas-malasan. Sesudah kesulitan pasti ada kemudahan, kita harus yakin itu. Semoga segera bisa berkumpul lagi dengan anak dan istrinya,”tutur Gus Muhdlor.

Satukin merupakan sala satu penerima program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Tahun 2022, Pemkab Sidoarjo menetapkan sasaran 340 rumah. Lokasinya tersebar pada 18 Kecamatan. Salah satunya di Kecamatan Prambon.

Program bedah RTLH tersebut merupakan kerjasama antara Pemkab Sidoarjo dengan Kementerian PU PR. Tahun depan, Pemkab Sidoarjo rencananya akan menambah jumlah sasarannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *