S2 Manajemen Unesa Latih Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Kewirausahaan SMK se-Nganjuk

  • Whatsapp
Tim PKM S2 Manajemen Unesa menggelar pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru kewirausahaan SMK se-Nganjuk

NGANJUK, RadarBangsa.co.id – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pascasarjana Program Studi S2 Manajemen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah bidang manajemen bisnis dan kewirausahaan bagi guru SMK se-kabupaten Nganjuk.

Tim PKM terdiri dari Andre Dwijanto Witjaksono (ketua), beranggotakan Ulil Hartono, Prof Dewie Tri W., Sri Setyo Iriani, dan Khoirur Rozaq.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 32 jam, mulai 2 Oktober 2021 sampai dengan 5 November 2021 yang dilaksanakan secara hybrid luring dan daring,” ungkap Andre pada keterangan tertulisnya. Jumat, (08/10/2021).

Pelaksanakan pelatihan secara luring dilaksanakan di SMAN 3 Nganjuk didahului dengan pembukaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Plt. Bupati Nganjuk dan Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa.

“Tujuan inti dari kegiatan ini kepada peserta yaitu guru pengampu mata pelajaran kewirausahaan SMK se-Kabupaten Nganjuk, adalah memberikan motivasi dan bimbingan teknis dalam menulis karya ilmiah bidang manajemen bisnis dan kewirausahaan,” sambungnya.

Selama ini, kata Andre, karya tulis yang dihasilkan guru masih terbilang minim. Dibuktikan dengan minimnya buku yang dihasilkan dan jumlah publikasi pada jurnal ilmiah yang masih sedikit.

Selain itu, karya ilmiah guru lebih banyak mengambil topik penelitian tindakan kelas (PTK), sehingga penelitian bidang manajemen bisnis dan kewirausahaan merupakan alternatif pilihan yang tepat untuk guru kewirausahaan ini untuk menulis.

“Dari masalah yang dihadapi, maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan beberapa materi kepada para guru kewirausahaan ini untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis,” ujarnya.

Ada tiga sesi materi yang disampaikan secara luring pada edisi perdana. Pelatihan penyusunan karya ilmiah berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Pertama adalah kiat menulis karya ilmiah yang dibimbing oleh salah satu editor Jurnal Ilmu Manajemen sekaligus UPM S2 Manajemen Khoirur Rozaq.

Menurutnya, beberapa poin penting yang harus diketahui guru saat menulis artikel di jurnal terakreditasi. Guru di antaranya harus mengetahui gaya selingkung jurnal, gaya bahasa, referensi yang benar, anti plagiasi dan pemilihan topik yang sesuai dengan jurnal jika ingin artikelnya dimuat di jurnal terakreditasi.

Sementara itu sesi kedua berlanjut dengan mengangkat tema Teknik Penulisan Penelitian. Materinya disampaikan oleh Ulil Hartono. Dalam kesempatan ini, Pak Ulil, sapaan akrabnya, menyampaikan, penelitian wajib dilakukan sebelum menuliskannya kedalam artikel ilmiah yang akan dipublikasikan di jurnal terakreditasi. Pada sesi ini dijelaskan berbagai macam metode penelitian yang bisa dilakukan peserta sesuai dengan kaidah penelitian yang benar.

Sementara sesi ketiga diisi Teknik Sitasi, Plagiasi, dan Pemanfaatan Software reference manager yang dipandu oleh ketua Tim PKM sekaligus Ketua Program Studi S2 Manajemen, Andre Dwijanto Witjaksono.

Pak Andre, sapaan akrabnya, ia berharap kepada seluruh peserta pelatihan setelah PKM ini bisa langsung mempraktekkan menulis artikel di jurnal terakreditasi, yang salah satunya dikelola oleh UNESA seperti Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), BISMA, dan Al-Uqud.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *