Sambut Ramadhan, Koramil Paciran Lamongan bersama warga bersihkan Makam Sunan Drajad

Koramil 0812/17 Paciran Lamongan menggelar karya bhakti (Karbak) di area Makam Sunan Drajad [ist]

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan. Banyak cara dilakukan masyarakat termasuk ziarah kubur atau dalam Bahasa Jawa disebut Nyekar juga masih menjadi tradisi yang kental dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

Untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat berziarah kubur pihak TNI AD dari Koramil 0812/17 Paciran Lamongan menggelar karya bhakti (Karbak) di area Makam Sunan Drajad dengan menggandeng ratusan masyarakat di Drajad Kecamatan Paciran.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Drajad Fauzi mengatakan, ”

mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dari anggota jajaran Koramil Paciran. “Terima kasih bapak – Bapak TNI jajaran anggota Koramil Paciran yang sudah ikut berpartisipasi dalam memotori kerja bakti ini. 

Pembersihan makam jelang Ramadhan juga menjadi tradisi di masyarakat Drajad Lamongan. “Ini rutin kami gelar dan dilakulan dengan menggandeng pihak TNI dari Koramil 0812/17 Paciran.

Kami sangat senang dan bangga dapat bersinergi dengan TNI dalam menjaga wilayah Drajad tetap aman dan nyaman bagi warga desa kami,” tutur Kepala Desa Drajad.

Pembersihan makam dilakukan, pada Jum’at (09/04) pagi mulai pukul 07.00 hingga pukul 10.00 WIB. Komandan Koramil 0812/17 Kapten Arh.  Amrozi memimpin langsung kegiatan kerja bahkti dalam membersihkan area makam Sunan Drajad tersebut.

“Pagi ini anggota Koramil Paciran dalam hal ini 5 anggota Babinsa telibat langsung dalam melaksanakan kehiatan membersihkan makam Sunan Drajad. Hal ini bertujuan bahwa TNI ingin menjadi bagian dari masyarakat dan sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan,” ujar Danramil Paciran.

Ia menjelaskan, pembersihan makam dilakukan dalam menjelang Ramadhan karena tradisi masyarakat berziarah kubur banyak dilakukan. “Dengan pembersihan makam Sunan Drajad ini, kami ingin memudahkan masyarakat yang akan ziarah,” ujarnya.

Bersama warga setempat, pembersihan dilakukan dengan memnersihkan rumput, l daun dan sampah – sampah yang berserakan  Selain itu, warga dibantu TNI juga merapikan areal makam agar para peziarah nyaman saat berziarah ke makam Sunan Drajat.

Menurutnya, melalui karya bhakti itu juga menjadi bentuk komunikasi sosial Koramil 0812/17 Kodim Lamongan bersama masyarakat. “Kami memang perintahkan pada seluruh jajaran anggota agar lebih dekat dengan masyarakat,” tutur Danramil Paciran Kapten Arh Amrozi. ()

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *