Sejarah Karpet Merah yang Digunakan untuk Penyambutan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/standing-woman-berpose-mengenakan-gaun-putih-1779359/

RadarBangsa.co.idKarpet merah hampir selalu digunakan saat penyambutan tamu penting yang bertujuan untuk menghormati tamu tersebut. Mengapa karpet tersebut hanya digunakan untuk orang-orang penting? Bagaimana sejarah dari penggunaan karpet ini?

Sejarah Karpet Merah

Bacaan Lainnya

Meskipun sering dijumpai dan digunakan pada berbagai acara, namun masih banyak yang belum mengetahui sejarah dari penggunaan karpet merah ini.

Berasal dari Yunani

Aeschylus merupakan seorang penulis naskah drama yang berasal dari Yunani. Penulis lebih dikenal sebagai The Father of Tragedy ini mengklaim bahwa istilah karpet merah pertama kali disebutkan pada salah satu karyanya yang berjudul Agamemnon pada tahun 458 SM.

Dalam mitologi Yunani, Agamemnon merupakan seorang Raja dari Mycenae. Kala ini Agamemnon pergi Perang Troya dan meninggalkan istrinya yang bernama Clytemnestra dalam waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, masing-masing dari mereka bertemu dengan orang-orang baru.

Akan tetapi, salam perjalanan pulang dari perang, Agamemnon bertemu dengan Cassandra dan jatuh cinta. Ia lalu membawa selirnya tersebut untuk pulang ke rumah. Meskipun Clytemnestra juga berselingkuh, namun ia tidak suka saat suaminya pulang bersama selingkuhan. Ia lalu menyambut suaminya dengan perasaan penuh dendam.

Clytemnestra menggelar karpet berwarna merah untuk meyakinkan agar suaminya berjalan menuju kematiannya. Namun, cerita tersebut tentunya tidak ada hubungan dengan glamornya karpet merah. Akan tetapi, dari kisah ini bisa dilihat jika karpet berwarna merah sejak dulu sudah digunakan untuk menyambut orang penting, seperti raja atau dewa.

Karpet Merah Penentu Kasta Sosial

Karpet ini mulai digunakan di Amerika serikat pada 1821 untuk menyambut presiden kelima AS, yaitu James Monroe yang keluar dari riverboat di Carolina Selatan. Selanjutnya karpet ini digunakan untuk mengarahkan penumpang yang akan masuk ke kreta 20th Century Limited yang akan melakukan perjalanan bisnis di New York pada 1902.

Sejak saat itu karpet berwarna merah sering digunakan untuk pemilik tiket first class dan mulai menjadi penentu status sosial seseorang. Pada akhirnya masyarakat tahu jika seseorang yang datang dan disambut dengan karpet berwarna merah berarti mereka bukanlah orang sembarangan. Jika bukan orang kaya, berarti mereka adalah orang penting yang dihormati.

Pertama Kali Digunakan di Hollywood

Red carpet pertama kali digunakan di Hollywood tahun 1922 oleh Sid Grauman. Ia merupakan pemain teater asal Amerika yang mendirikan dua landmark paling terkenal dan banyak dikunjungi di Hollywood, yaitu Chinese Theatre dan Egyptian Theatre.

Saat itu ia sedang mengadakan gala premiere film Hollywood untuk pertama kalinya.

Acara tersebut dihadiri oleh orang-orang terkenal saat itu, seperti Douglas Fairbanks, pemeran Robin Hood dan aktor pemenang Academy Awards, Wallace Beery. Sejak saat itu red carpet mulai identik dengan kemewahan dan glamor.

Kepopuleran karpet ini terus bertambah saat Chinese Theatre mulai digunakan untuk lokasi penyelenggaraan penghargaan Oscars tahun 1944 dan 1946. Setelahnya karpet ini semakin melegenda saat Academy of Motion Picture and Science memasukkan red carpet ke dalam siaran broadcast mereka tahun 1961.

Momen red carpet selalu mencuri perhatian penonton, bahkan selalu dinantikan. Puncaknya, para penonton menjadikan momen ini sebagai tontonan wajib saat Oscars mulai ditayangkan dalam siaran televisi berwarna tahun 1966.

Pentingnya karpet merah ini membuatnya sering dibutuhkan di banyak acara. Bagi Anda yang membutuhkan Karpet ini, Anda bisa membelinya di Blibli. Di e-commerce ini tersedia berbagai jenis dan ukuran karpet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Harga karpet berwarna merah di Blibli juga beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *