Simak Inovasi Kades ini Dalam Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri

GRESIK, RadarBangsa.co.id – Berbicara tentang Desa Mandiri, terkait kerangka konsep yang dilakukan untuk Pemberdayaan Desa, menurut Muhammad Bahrul Ghofar, Kepala Desa Gredek, Duduk sampeyan-Gresik pengertian Desa Sejahtera Mandiri adalah Desa Sejahtera Mandiri atau Masyarakat Sejahtera Mandiri, untuk itu dirinya sudah men- site plan beberapa program yang bertujuan untuk mengatrol ekonomi mandiri masyarakat Desa Gredek.

“Program kami fokus ingin membentuk Desa Gredek sebagai desa yang mampu menghasilkan produk yang berdaya saing, lembaga sosial yang aktif, tingkat partisipasi, dan keswadayaan masyarakat tinggi dan masyarakat terlibat aktif dalam rantai produksi,” ungkap Pria yang juga Aktivis tulen ini, kamis (28/11).

Bacaan Lainnya

masih menurutnya, Konsep Desa Sejahtera Mandiri mengandaikan adanya sebuah konstruksi pemikiran yang menempatkan “Desa” pada posisi subjek, organisasi sosial yang harus diberi kepercayaan penuh oleh “orang luar” untuk mengatur dirinya, dengan kekuatan dan modal yang ada. menurutnya, Konsep “Desa Sejahtera Mandiriā€ membutuhkan “cara pandang lain” tentang desa.

“Desa perlu dipandang sebagai entitas sosial (kolektif) yang memiliki karakter sosiologis, ekonomis, kultural, dan ekologis yang khas (spesifik) jika dibandingkan misalnya dengan “kota”,” tambahnya.

Ghofar menambahkan, Cara pandang ini memandang bahwa desa merupakan tempat di mana kenyamanan, keharmonisan, kerukunan, kedamaian, dan ketenteraman, terjaga sehingga bukan harus bersifat stereotipe.

selain itu, Ghofar berpendapat sampai saat ini banyak Masyarakat menaruh asumsi bahwa Desa merupakan tempat di mana segala bentuk ketertinggalan berada.

“Cara pandang etik (orang luar) terhadap desa, harus dirubah dengan menempatkan kriteria kemajuan (sukses dan sejahtera),” ungkapnya.
untuk itu, Ghofar membentuk konsep KET MAUEMAS (kawasan terpadu Minagripolitan usaha ekonomi rakyat), dimana inovasi ini untuk membetuk penguatan ekonomi dari berbagai sisi, perikanan, pertanian, bumdes maupun wisata Desa.

“sudah kami peta-kan seluruh wilayah Desa Gredek, bersama-sama kami gali potensi Desa, meningkatkan kekuatan di sektor pertanian, insyaallah tahun ini akan kita laksanakan satu persatu untuk Desa Gredek Mandiri sejahtera,” pungkasnya.(Imam Syafi’i)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *