Sosialisasi SMK Negeri 1 Kotaagung Barat, Pilihan Jurusan untuk Masa Depan Unggul

SMK

TANGGAMUS, RadarBangsa.co.id – Dalam upaya memastikan para bakal calon peserta didik baru untuk tahun ajaran 2024/2025 memiliki pemahaman yang mendalam tentang pilihan karier mereka, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kotaagung Barat Kabupaten Tanggamus mengadakan sesi sosialisasi di sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) pada Rabu (21/02/2023).

Langkah ini diambil untuk memberikan pemahaman awal kepada para calon siswa tentang pilihan jurusan yang tersedia di SMK, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat sesuai minat dan potensi mereka.

Bacaan Lainnya

Kepala Sekolah, Sutrisno.,S.Kom,M.M., mengatakan, peran bakal calon siswa dan wali murid begitu penting dalam menentukan pilihan jurusan. “Keputusan ini akan berdampak besar pada masa depan mereka, terutama dalam meraih kesuksesan di dunia kerja,” terang Kepala Sekolah.

SMK Negeri 1 Kotaagung Barat, yang baru saja merayakan usianya yang ke-20, telah menghasilkan banyak siswa berprestasi dan telah menunjukkan pencapaian tertinggi dalam proses pembelajaran.

Dalam sosialisasi ini, enam pilihan jurusan unggulan disampaikan kepada para peserta, antara lain:

-Teknik Kapal Penangkap Ikan (TKPI)
-Desain Komunikasi Visual (DKV)
-Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT)
-Teknik Audio Vidio (TAV)
-Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
-Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Setiap jurusan memiliki fokus dan kompetensi yang berbeda, yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa sesuai dengan Standar -Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

 

Siswa-siswa SMK Negeri 1 Kotaagung Barat dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis yang sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga mereka siap bersaing di pasar kerja global. Dengan dukungan dari Link Bursa Kerja Khusus (BKK), para siswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan penempatan kerja setelah lulus.

Lebih jauh lagi, mereka juga diberikan pemahaman tentang peluang lanjutan pendidikan ke perguruan tinggi untuk mendapatkan gelar lebih lanjut.

“Kami berharap agar para calon siswa tidak hanya mengikuti tren, tetapi memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Kami ingin mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang pilihan karier mereka, sehingga mereka dapat membangun masa depan yang sukses dan memuaskan,” ujarnya.

“Dengan sosialisasi ini, SMK Negeri 1 Kotaagung Barat berkomitmen untuk membantu para calon siswa memilih jalur pendidikan yang tepat sesuai dengan minat dan potensi mereka, memastikan masa depan yang cerah dan sukses bagi generasi mendatang,”tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *