TA 2022, Desa Karduluk Sumenep Canangkan Kegiatan Ekonomi Kerakyatan

  • Whatsapp
Musrenbangdes Untuk TA.2022 Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. (Ong)

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep pada hari Rabu pagi tanggal 27 Januari 2021, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) Tahun 2021 untuk Tahun Anggaran 2022 bertempat di Balai Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Dalam Musrembangdes tersebut, menjadi prioritas usulan adalah pada sektor pengembangan kegiatan ekonomi kerakyatan, hal itu dinilai sehaluan dengan visi yang ingin dicapai oleh desa yaitu terwujudnya masyarakat Karduluk yang maju dan sejahtera, berlandaskan Agama dan kearifan lokal yang berkeadaban. Dan sebagaimana yang telah tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Kamis (28/01/2020).

Bacaan Lainnya

Suadi Rahman, PJ. Kepala Desa Karduluk Kecamatan Pragaan menyampaikan bahwa Musrembandes tahun 2021 yang akan didanai oleh APBD Kabupaten Sumenep, merupakan usulan beberapa kegiatan untuk tahun anggaran 2022, sebagaimana yang tercantum dalam RPJMDes.

“Usulan prioritas berupa kegiatan ekonomi kerakyatan merupakan usulan sebagaimana yang tercantum di RPJMDes,” terang Suadi Sekdes yang saat ini sebagai Pengganti Jabatan (PJ) kepala desa Karduluk.

Lebih lanjut Suadi mengatakan bahwa Musrenbangdes kali ini lebih ditekankan pada pengembangan kegiatan ekonomi kerakyatan diantaranya adalah pelatihan bagi peternak sapi tentang pembuatan pakan dengan sistem fermintasi. Dan Sektor lainnya berupa penguatan tebing pada sungai di dusun Topowar, serta beberapa kegiatan lainnya.

“Alhamdulillah acara Musrenbang berlansung lancar dan kondusif. Terimakasih kami sampaikan kepada para peserta yang hadir, Khususnya Bapak Camat atau yang mewakili dan Bapak Kapolsek, serta yang lainnya tanpa terkecuali,” pungkasnya.

Darussalam, S. Sos. Kp. M.Si, Camat Pragaan diwakili oleh Busaeri Sekcam Pragaan dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para peserta dan undangan yang hadir, khususnya kepada aparatur baik Pemerintah Desa maupun Badan Permusyawatan Desa (BPD) dan Tim Penggerak PKK Desa Karduluk atas semangat pengabdiannya terhadap pemerintah khususnya di Desa Karduluk.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini kita harus menjaga kesehatan diri, keluarga dan orang lain dengan mematuhi aturan Protokol Kesehatan. Dan juga jangan mudah percaya dengan informasi atau berita – berita yang tidak diketahui pasti kebenarannya atau Hoax,” ujarnya.

Kapolsek Prenduan AKP Ach Supriyadi, SH., dalam sambutannya berharap agar masyarakat desa Karduluk dapat menjaga kondusifitas, ketertiban dan keamanan, karena desa Karduluk beberapa bulan kedepan akan menggelar pemilihan kepala desa.

“Saya berharap agar warga desa Karduluk saling menjaga kerukunan, sehingga tercipta masyarakat yang kondusif, tertib dan aman,” pungkasnya.

Joni, hadir mewakili kepala Puskesmas kecamatan Pragaan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Puskesmas kecamatan Pragaan telah menerima kedatangan vaksin Covid-19. Dan vaksin tersebut diperuntukkan bagi ASN, TNI, Polri, Tenaga kesehatan, Perangkat desa, serta masyarakat.

“Dengan adanya pemberian vaksin (vaksinasi), masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan informasi Hoax atau tidak benar, karena tujuan pemberian vaksin itu untuk memberikan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terjangkit atau terserang virus corona,” jelasnya.

Dipenghujung acara, Aswari Kepala Dusun Topowar berkesempatan menyampaikan harapannya agar semua usulan yang telah direncanakan dapat terealisasi dan tidak hilang ditengah jalan.

“Harapan saya, agar usulan – usulan itu dikawal sampai di Musrenbang Kabupaten, dan jangan sampai hilang ditengah jalan,” tukasnya.

Hadir dalam acara Musrenbangdes tersebut, Camat Pragaan, Kapolsek Preduan, Kordinator PLKB, Kepala Puskesmas Pragaan, Aparatur Pemdes dan BPD Karduluk, Tokoh masyarakat, dan TP PKK Desa Karduluk.

(ONG)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *