Tak ada Hari Libur, Pelayanan di Desa Kabuaran Lumajang Tetap Jalan, Ini Kegiatannya

Pemdes Kabuaran Kecamatan Kunir melaksanakan kegiatan posyandu lansia, vaksinasi covid - 19, dan donor darah, Senin (23/1) (Dok Riyaman/RB)

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Hari Libur bersama pada Senin (23/1/2023) tidak di jadikan kesempatan untuk berlibur ataupun beristirahat oleh kepala desa beserta perangkat desa Kabuaran, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Pasalnya pada hari itu, pelayanan di pemerintahan Desa Kabuaran tetap berjalan sebagaimana hari – hari efektif.

Bacaan Lainnya

Pada Senin (23/1) Pemdes Kabuaran melaksanakan kegiatan posyandu lansia, vaksinasi covid – 19, dan donor darah.

Selain Kepala Desa Kabuaran, Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sampiono beserta 6 Orang dari PKM Kunir, Trio abdul wahab beserta 2 Orang dari PMI Lumajang, Babinsa Kabuaran, Babinkamtibmas Kabuaran, dan Perangkat Desa Kabuaran.

“Ya, hari ini ada kegiatan posyandu lansia, vaksinasi covid – 19, dan donor darah,” papar kepala Desa Kabuaran, Hj. Sulastini, ketika di wawancarai Radarbangsa.co.id disela kegiatan nya.

Dijelaskannya, untuk kegiatan donor darah dari PMI Kabupaten Lumajang, yang dipimpin oleh Bapak Trio Abdul wahab, dan percepatan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac tahap satu (1), dua (2), dan Booster kepada Masyarakat umum, dan Posyandu Lansia Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, oleh Tim Vaksinasi Puskesmas Kunir.

“Alhamdulillah, selama kegiatan berjalan aman dan lancar,” terang orang nomor satu di desa Kabuaran ini.

Sementara itu, Babinsa Kabuaran, Sertu Usman Efendy, yang saat itu melakukan pendampingan kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan dimulai sedari Pukul 08.10 WIB.

Dijelaskannya, dari awal kegiatan, Tim Vaksinasi melaksanakan persiapan, dan para peserta vaksinasi melaksanakan pengambilan nomor urut antrian. “Masyarakat sadar, ternyata masih tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelas Sertu Usman Efendy.

Dan pada pukul 08.20 WIB, Kegiatan Vaksinasi dimulai, diawali dengan tahap pelaksanaan screening yang harus dilalui para peserta Vaksinasi.

Diterangkannya, di meja 1 adalah tempat pendaftaran atau registrasi peserta Vaksinasi, di meja 2 screening, yang meliputi :

a. Pemeriksaan Tensi darah.
b. Saturasi oksigen.
c. Denyut Nadi.
d. Suhu Tubuh.
e. Konsultasi riwayat penyakit oleh dokter, apabila pernah menderita sakit tertentu ( rekam medis ).

Dan di Meja 3 Tempat pelaksanaan Vaksinasi setelah peserta vaksinasi dinyatakan lolos oleh petugas Screening.

Sedangkan di Meja 4, dijelaskan Sertu Usman Efendy, adalah Tempat Observasi, di antaranya adalah untuk melakukan pencatatan Identitas ke dalam data base untuk pelaksanaan vaksinasi tahap 1 dan 2, dan melakukan observasi terhadap peserta yang telah menerima vaksinasi selama 30 menit, serta melaksanakan tindakan medis, apabila penerima vaksin mengalami gejala gejala seperti terjadinya pusing, mual, kejang dan lain lain.

“Alhamdulillah, kegiatan selesai pukul 11.00 WIB. Dan selama kegiatan berjalan lancar dan aman,” pungkas Sertu Usman Efendy.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *