Tanggul Jebol Jadi Langganan Aliran Kali Plalangan Lamongan

  • Whatsapp
Tanggul jebol, kerja bakti secara gotong royong dilakukan warga masyarakat Desa Tambakploso dan Desa Balun, bersama Pemerintah Desa dengan di bantu TNI dan Polri. Jum'at (5/11/2021)

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id –  Hujan deras yang mengguyur wilayah Lamongan saat ini mengakibatkan jebolnya beberapa tanggul termasuk tanggul kali Plalangan tepatnya di desa Tambakploso dan desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Ditanggul jebol akibat curah hujan dan derasnya air kiriman dari wilayah Kecamatan Sugio dan sekitarnya melalui Kali (sungai) Plalangan.

Bacaan Lainnya

Dalam upaya mengantisipasi hujan deras dan air kiriman dari wilayah Sugio dan sekitarnya selanjutnya, dan saat ini telah dilakukan kerja bakti secara gotong royong oleh warga masyarakat Desa Tambakploso dan Desa Balun, bersama Pemerintah Desa yang di bantu TNI dan Polri.

Sedangkan tanggul yang jebol di lakukan pandatan lebih lanjut,” ungkap Ermawan Ristanto, A.P Camat Kecamatan Turi saat dilokasi jebolnya tanggul. Jum’at (5/11/2021).

Kapolsek Turi AKP Suwarta dalam hal ini mengatakan, “Tanggul yang jebol di Desa Tambakploso dan Desa Balun dikarenakan akibat dari rembesan dibawah cela-cela tanggul tanah yang keropos (lubang tikus).

Diperkirakan tanggul tersebut jebol karena akibat hujan deras kiriman air dari wilayah Kecamatan Sugio dan sekitarnya melalui Kali Plalangan.

Akibat tanggul jebol tersebut, belum  dijumpai adanya rumah warga masyarakat Desa Tambakploso dan Desa Balun Kecamatan Turi yang tergenang air.

Air yang mengalir dari jebolnya tanggul tersebut yang menggenangi persawahan dan tambak masyarakat, yang belum ditanami padi atau benih ikan,” kata Kapolsek Turi.

Danramil 0812/03 Turi Kapten Kav. Parman menambahkan, “Atas jebolnya beberapa titik tanggul di Desa Tambakploso dan Desa Balun Kecamatan Turi ini diketahui titik lokasi tanggul yang jebol.

Diantaranya, Desa Tambakploso terdapat 9 titik tanggul dan 7 titik, air mengalir dibawah tanggul (merembes), dengan lebar lubang sekitar 50 cm sampai 1 meter.

Sedangkan di Desa Balun terdapat 1 titik tanggul jebol lebar sekitar 5 meter dengan kedalaman sekitar 4 meter.

Tanggul yang memanjang dan berada di Desa Tambakploso dan Desa Balun siang tadi sudah di laksanakan kerja bakti secara gotong royong melakukan memadatkan dan menimbun tanggul pada titik yang jebol tersebut,” ujar Kapten Kav. Parman.

Hadir dalam kegiatan kerja bakti atas jebolnya tanggul, Camat Kecamatan Turi Ermawan Ristanto, A.P., AKP Suwarta, S.H., Kapolsek Turi, Kapten Kav. Parman Danramil Turi, H. Khusairi Kepala Desa Balun, Yunan Pj. Kepala Desa Tambakploso, masyarakat Desa Tambakploso dan Balun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *