Terapkan Prokes Ketat, Penutupan PON Papua di Mimika

MIMIKA, RadarBangsa.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Mimika menyiapkan prosedur protokol kesehatan (prokes) ketat dalam pesta rakyat, pada penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang akan diselenggarakan di lapangan Mimika Indah, pada Jum’at (15/10/2021) ini. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, selama pesta rakyat berlangsung, karena berpotensi terjadi pengumpulan masa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan, guna menghindari adanya kerumunan, kehadiran penonton dalam pesta rakyat akan dibatasi sampai dengan 25 persen kapasitas lapangan Mimika Indah. Selain itu, sejumlah syarat seperti menunjukkan kartu vaksinasi dan pengukuran suhu tubuh diakan dilakukan di pintu masuk, serta standar prokes ketat seperti mengunakan masker, mengatur jarak antar penonton, hingga penyiapan tempat cuci tangan.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah atur itu semuanya, sehingga ada skrining bagi penonton yang ingin menyaksikan langsung di lapangan Mimika Indah, dan protokol kesehatan yang ketat menjadi prosedur utamanya,” ungkap Reynold Ubra, Jum’at (15/10/2021).

Sementara itu, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika, Cesar Avianto Tunya mengatakan, sebagai langkah antisipasi adanya kerumunan PB PON sudah menyiapkan videotron yang disiapakan di dua titik, sehingga masyarakat yang tidak bisa masuk lapangan bisa menyaksikan pesta rakyat yang disambung dengan upacara penutupan PON.

“Kita sudah siapkan videotron di dua titik, dan di sana juga kami siapkan untuk memantau masyarakat agar selalu taat terhadap penerapan protokol kesehatan,” ungkap Cesar Avian to.

Pesta rakyat dalam rangkaian penutupan PON XX Papua akan diramaikan oleh artis ibu kota D’Masiv, dan sejumlah penampilan dari berbagai komunitas kesenian Papua.

Sumber: RRI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *