Terbentuknya FKP, Untuk Minimalisir Terjadinya Konflik disetiap daerah

Organisasi FKP Kota Batu dan Situbondo melakukan pertemuan saling memberikan support dalam tujuan yang sama dalam tubuh organisasi FKP [IST]

KOTA BATU, RadarBangsa.co.id – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Batu melakukan kunjungan kerja ke FPK Kabupaten Situbondo. Kunjungan kerja ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batu, Mochamad Agoes Machmoedi.

Rombongan FPK Kota Batu diterima secara pribadi oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Situbondo beserta Ketua FPK Kabupaten Situbondo dan Kepala Desa Wonorejo.

Bacaan Lainnya

Kunjungan kerja yang berlangsung selama dua hari mulai 7-8 April 2021 ini, selain bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim antara FPK Kota Batu dengan FPK Kabupaten Situbondo, juga untuk melakukan studi banding. Khususnya terkait upaya untuk mewujudkan Desa Wisata Kebangsaan di Kota Batu, sebagaimana yang sudah ada di Kabupaten Situbondo.

Menurut kepala Badan Kesbangpol Kota Batu, Mochamad Agoes Machmoedi, sejauh ini penyelenggaraan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Kota Batu sudah berjalan dengan baik.

“Keberadaan FPK ini untuk meminimalkan masalah jika ada beberapa potensi konflik yang muncul. Dengan adanya FPK, maka ada wadah untuk menyalurkan aspirasi, mewujudkan interaksi sosial antar etnis, budaya, pendidikan dan perekonomian guna mewujudkan Kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku dan etnis masing–masing dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Agoes.

Agoes berharap setelah melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Wisata Wonorejo Kabupaten Situbondo, FPK Kota Batu nantinya dapat membentuk Desa Kebangsaan di Kota Batu. Karena embrio Desa Kebangsaan yang ada di Kabupaten Situbondo juga sudah ada di Kota Batu,”pungkasnya

(Wan/kmf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *