Tingkatkan Hasil Pertanian, HIPPA Tirta Karya Desa Tulung Madiun Bangun Saluran Irigasi

MADIUN, RadarBangsa.co.id – Anggota Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) desa Tulung kec. Saradan Kab. Madiun melaksanakan pembangunan jaringan irigasi di persawahan desa Tulung, sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat khususnya para petani dan guna mendukung ketahanan pangan nasional melalui program percepatan peningkatan tata guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Kepala desa Tulung Sukarno yang di dampingi ketua HIPPA Samidi Anto mengatakan, bahwa pembangunan jaringan irigasi ini bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketersediaan air. Karena, dengan adanya pembangunan jaringan irigasi ini nanti, akan memudahkan para petani dalam mengakses air irigasi dalam masa tanam”, tuturnya.

Menurutnya pembangunan jaringan irigasi sepanjang 350 meter, lebar atas 70 cm, besar 50 cm, merupakan program “HIPPA TIRTA KARYA” desa Tulung sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus dapat menciptakan tenaga padat karya masyarakat lokal di masa Pandemi sekarang ini, Kucuran dana APBN tahun 2021 sebesar Rp. 195.000.000 ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah).

Bacaan Lainnya

Atas terlaksananya pembangunan jaringan irigasi program dari HIPPA tersebut, kepala Desa Tulung pun menyampaikan terima kasih, baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani Desa Tulung merasa terbantu, terutama kaitannya Dengan. Pengairan lahan persawahan jadi lancar.

Untuk di ketahui, sehubungan dengan adanya wabah Covid-19 para pekerja pembangunan jaringan irigasi program HIPPA TIRTA KARYA tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah di sediakan di lokasi proyek pembangunan.

(WIT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *