Tingkatkan Ketaqwaan, SMALABSA Salurkan Sembako dan Zakat ke Masyarakat

Talkshow Ramadhan SMA Labschool Unesa 1 bersama Habib Ubaidillah (kiri)

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Di penghujung bulan suci puasa Ramadhan 1442 H, SMA Labschool Unesa 1 (Smalabsa) yang beralamat di Jl. Citra Raya Unesa, Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Kota Surabaya pada kesempatan ini melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan secara daring.

Sejak satu tahun lebih selama kasus Covid-19, segala kegiatan di sekolah, baik kegiatan akademik, non-akademik dan kerohanian dilaksanakan secara daring/virtual.

Bacaan Lainnya

Kepala Sekolah Smalabsa, Dewi Purwanti mengatakan, khusus Pondok Ramadhan virtual tahun ini, SMA Labschool Unesa 1 mengangkat tema “Mutiara Hikmah Ramadhan”.

“Dengan harapan selama bulan ramadhan yang bertepatan pandemi Covid-19, kita semua senantiasa dapat mengambil hikmah di dalamnya sehingga senantiasa menumbuhkan pikiran positif terhadap apapun yang menjadi rencana Tuhan YME,” ujarnya. Senin, (10/5/2021).

Beberapa jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam Pondok Ramadhan tahun ini meliputi zakat dan infaq, tadarus online, talkshow ramadhan, dan bakti sosial (Baksos). Seluruh kegiatan tersebut dapat disaksikan secara virtual dalam Instagram dan channel YouTube OSIS SMA Labschool Unesa.

“Talkshow ramadhan kali ini terasa sangat istimewa, karena dihadiri yang Mulia Habib Ubaidillah Bin Idrus Al-Habsyi guna memberikan tausiah dan siraman rohani dengan tema puasa sebagai pendidikan karakter terbaik,” ungkap Dewi.

Sebagaimana tema tersebut, Habib Ubaidillah menuturkan bahwa, melalui puasa Allah SWT mengajarkan kita agar senantiasa menjaga diri dari hal yang dapat menghilangkan pahala puasa kita, yakni berkata bohong, ghibah, mengadu domba, sumpah palsu, berkata kotor serta melihat susuatu yang menimbulkan syahwat.

Selanjutnya, Habib Ubaidillah menjelaskan bahwa, hal tersebut sungguh pendidikan karakter terbaik dari Allah dan Rasulnya agar menjadi manusia yang bertaqwa.

“Puncak dari serangkaian kegiatan Pondok Ramadhan ini yakni, penyaluran zakat fitrah dan infaq berupa sembako yang dihimpun dari donasi keluarga besar guru dan peserta didik SMA Labschool Unesa 1 untuk disalurkan kepada mereka yang berhak menerima,” sambung Dewi.

Ketua OSIS SMA Labschool Unesa 1 Siraj Aqeel menyatakan, kegiatan ini diinisiasi oleh seluruh pengurus OSIS menyikapi dampak Covid-19 yang melumpuhkan sebagian sektor perekonomian.

Adapun terdapat total 143 paket sembako yang disalurkan dimana setiap paket berisi minyak goreng, gula, sarden, kue kering, sirup, teh dan mie goreng serta zakat fitrah berupa beras 5 kg yang dibagikan di berbagai lokasi berbeda di Surabaya.

“Mudah-mudahan dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT serta menjadi manfaat untuk kita dan orang-orang disekitar kita,” harap Siraj.

(Ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *