Tradisi Tuk Panjang Kembali Digelar Menandai Perayaan Imlek di Kota Semarang

Jamuan makan Tuk Panjang di Jl Gang Warung,Jumat malam (20/01/2023) (Dok foto: Agus Prajitno)

SEMARANG, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili,tradisi Tuk Panjang kembali digelar dikawasan Pecinan,Semarang,Jum” at malam.

Tradisi Tuk Panjang tahun ini diadakan di gang warung,berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya diadakan di sepanjang jalan wot gandul.

Bacaan Lainnya

Selama tiga hari tgl 20-22 Januari 2023.Pasar Imlek Semawis disuguhkan dengan berbagai acara dalam perayaan ji kau meh.

Pasar Imlek Semawis dimulai dengan gelaran jamuan makan Tuk Panjang di Gang Warung yang merupakan acara pembuka,Jum” at malam (20/01/2023).

Sejumlah tamu undangan hadir antara lain Plt Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu,Sekda Kota Semarang Iswar Amirudin,Forkompinda,Ketua MTC Jawa Tengah Kukrit SW,Serta tamu Undangan lain.

Mereka duduk bersama dalam deretan meja panjang,sambil menikmati hidangan khas Imlek nasi ulam bunga telang yang berupa nasi gurih berwarna biru,dengan berbagai jenis lauk,seperti sambal goreng ati,telur,ikan asin,ayam bumbu rujak,berbagai sayuran dan sambal.

Ada yang unik cara menikmati sajian tersebut, para tamu yang hadir dibagikan sarung tangan plastik, kemudian diminta untuk mencampurkan semua lauk menjadi satu kemudian disantap beramai-ramai.

Sajian kuliner tersebut melambangkan simbol perdamaian yang mampu mempererat elemen yang berbeda yang campur aduk menjadi satu dan rata sebagai sebuah kekuatan baru yang lebih hebat.

Hevearita selaku Plt Walikota Semarang menyampaikan bahwa tradisi menyambut Tahun Baru Imlek sudah menjadi agenda rutin yang digelar dikota Semarang, Khususnya di wilayah/kawasan Pecinan Semarang.

“Saya berharap kerukunan masyarakat terus terjaga,dan tradisi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat”, tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) Harjanto Halim menjelaskan bahwa Tuk Panjang itu merupakan rangkaian tradisi menyambut Tahun Baru Imlek.

Diawali dengan upacara Ketok pintu yang digelar di Klenteng Tay Kak Sie Semarang,Sabtu 14/01/03 lalu, jie kau meh dan kemudian Tuk Panjang yang tak pernah ketinggalan dalam Perayaan Imlek.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *