Tujuh Ruko di Babat Lamongan Dilalap Api

Petugas Kepolisian Resort Lamongan saat mengamankan di lokasi kejadian kebakaran.(Ist)

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Sebanyak tujuh ruko yang berada di Jalan Raya Babat – Jombang tepatnya Kelurahan Banaran Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur ludes dilahap si jago merah , pada Rabu (14/04/21) malam.

Api diduga berasal dari ruko rumah makan Smart Sambel dan rumah makan Barokah. Kebakaran diduga akibat dari tabung gas elpiji ukuran 12 kg yang bocor yang mengakibatkan terjadinya ledakan dan kebakaran. Akibat kejadian tersebut 7 unit Ruko /stan beserta isinya terbakar habis dan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Bacaan Lainnya

Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana melalui Kasubbag Humas Iptu Estu Kwindardi menjelaskan kejadian kebakaran itu semula salah satu karyawan rumah makan Alfian melihat ada tabung gas ukuran 12 kg yang bocor . Ia pun mencabut regulator.

“Akan tetapi karena Alfian dan temannya gugup saat mencabut regulator, gas yang bocor mengenai percikan api lalu menyambar tabung yang bocor tersebut sehingga terjadilah kebakaran,” kata Iptu Estu Kwindardi, Kamis (15/04/21).

Masih kata Estu, Purwanto, pemilik salah satu rumah makan yang mengetahui kebakaran di area dapur kemudian menghubungi petugas kebakaran dan Polsek Babat. Satu Unit PMK dari UPT Babat tiba di lokasi kebakaran. Namun api cepat membesar hingga menyambar rumah makan di sebelahnya, hingga membutuhkan bantuan mobil pemadam lebih banyak lagi.

“Total enam mobil pemadam didatangkan untuk bisa menjinakkan api yang membakar dua rumah makan. Satu dari PMK Babat, 2 dari PMK Ngimbang, 2 dari PMK Lamongan dan bantuan 1 PMK dari Kabupaten Bojonegoro,” bebernya.

Estu menambahkan, peristiwa kebakaran rumah makan Smart Sambel beserta 7 Ruko/Stan tersebut saat ini sedang di tangani oleh Polres Lamongan. ” Masih dalam penyelidikan oleh Satreskrim Polres Lamongan,” tutupnya.

Sementara itu data laporan kebakaran yakni milik Perusahaan Cosmestik Vikaris An. Lisa Admanagapa. Terdiri dari 7 Toko antara lain
1. smart Sambel 2 Unit/Ruko
Bpk Suyanto, 36 Thn, Pelaut,
Podang Indah Rt. 002 Rw. 003
Ds. Karangkembang Kec. Babat.
Kerugian Matriel uang di dalam
brangkas 10 jtRp. Dan
Perlengkapan Restoran. Total 130 jt

2. Toko Abadi Jaya Keramik 2 Unit/Ruko An. Riskia gustin, 33 Thn, swasta, Jln. Lettu suyitno Gg. Eyang manis No. 10 Ds. Campur rejo Kec. Bojonegoro Kerugian matriel berupa Kloset/sanitari 15 biji, sebesar total Rp. 30.000.000

3. Bakso Granat 1 unit/Ruko
An. Jaelan, 42 Thn, Dsn.Grenjeng
Rt. 001 Rw. 004, Ds. Sratu Rejo
Kec. Baureno. Kerugian matrial
perlengkapan Toko estimasi Rp. 20 jt

4. Toko Roti Safana 1 Unit/Ruko
An. Simanjaya, 50 Thn, Swasta,
Ds. Kedungharjo Kec. Widang
Kerugian matrial open Rori 3unit,
Mesin mixee 2 unit, Kulkas 1,
Tv 1, kerusakan toko total
Rp. 200 jt (Pak Agus Supir)

5. Wom Finance 1 unit/Ruko
(Tutup selama 1 thn)
An. Deky Kurniawan, 40 Thn, Swasta, Malang 081131174891
Kerugian Matriel berupa 1 unit
komputer, AC 3 Unit, dan
kerusakan Kantor total sebesar
Rp. 30 Jt.

(RB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *