Wabub Lumajang Ajak Masyarakat Laporkan Jika Temukan Praktik Jual Beli Rokok Tanpa Pita Cukai

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) saat sosialisasi barang kena cukai di Kantor Kecamatan Rowokangkung (IST)

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Guna menekan peredaran rokok illegal di wilayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) mengajak masyarakat untuk melaporkan jika menemukan praktek jual beli rokok tanpa dilengkapi dengan pita cukai.

Hal ini disampaikan nya saat menghadiri sosialisasi barang kena cukai di Kantor Kecamatan Rowokangkung, Selasa (15/11/2022).

Bacaan Lainnya

“Kalau bisa masyarakat juga membantu. Karena, kalau semua perusahaan olahan tembakau patuh pajak, nanti juga akan kembali ke masyarakat manfaatnya,” terang orang nomor dua di kabupaten lumajang ini.

Bunda Indah menyatakan, bahwa masyarakat bisa membedakan antara rokok legal dan rokok ilegal, salah satunya yaitu dengan harga rokok.

“Rokok ilegal biasanya memiliki harga jauh lebih murah di bawah rokok legal”, jelasnya.

Biasanya, terang Bunda Indah, yang bercukai sama yang tidak bercukai itu harganya selisih jauh. “Makanya harus hati-hati, yang menjual dan membeli,” pesan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Lumajang, Matali Bilogo menyampaikan, sosialisasi Barang Kena Cukai tersebut digelar untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat. Sehingga masyarakat tidak sembarangan membeli, mengonsumsi atau mengedarkan barang-barang yang tidak memiliki cukai resmi, seperti halnya rokok.

“Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat termasuk rokok ilegal, agar masyarakat paham dan mampu memberikan sumbangsih barang ilegal cukai yang ditemui di sekitarnya,” jelas Kasatpol PP Kabupaten Lumajang, Matali Bilogo.

Perlu ketahui, bahwa aturan dalam perundang-undangan No 39 tahun 2007 di pasal 54 tentang Cukai menyebutkan, menawarkan atau menjual rokok polos atau rokok tanpa cukai terancam pidana penjara 1 sampai 5 tahun, dan/atau pidana denda 2 sampai 10 kali nilai cukai yang harus dibayar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *