Wabup Pasaman Donorkan Darahnya Buat Masyarakat Pasaman Yang Membutuhkan

  • Whatsapp
Wabup Pasaman

PASAMAN, RadarBangso.co.id – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman, H. Atos Pratama, ST dengan semangat persaudaraan yang sangat tinggi ikut mendonorkan darahnya pada kegiatan Kodim 0305/Pasaman bersama PMI Kabupaten Pasaman di Makodim 0305/Pasaman, Jum’at (03/04/2020).

Kegiatan donor darah tersebut dilakukan Kodim 0305/Pasaman bersama PMI Kabupaten Pasaman di persiapkan untuk cadangan darah yang mana nantinya akan disimpan di bank darah RSUD Lubuk Sikaping.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu H. Atos Pratama selaku Ketua PMI mengajak forkopimda Kabupaten Pasaman menggiatkan kegiatan donor darah ini, sekurangnya sekali 1 bulan bergantian sebagai tuan rumah, dalam kegiatan donor darah ini.

Selanjutnya Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz mengatakan, jika ada masyarakat yang memerlukan darah secara mendadak, anggota Kodim 0305/Pasaman selalu berusaha untuk membantu kesulitan tersebut, dengan menjadi pendonor.

Apalagi pada kondisi dan situasi saat ini cukup mengkhawatirkan terkait penyebaran wabah virus Corona (Covid 19), tetapi ketersediaan darah bagi membutuhkan juga sangat penting.

Upaya antisipasi kekhawatiran masyarakat akan kebutuhan ketersediaan darah terhadap dampak meluasnya penyebaran virus Corona (Covid 19) mendorong tekat Kodim 0305/Pasaman menggelar kegiatan donor darah kepentingan untuk sesama manusia.

“Kita ketahui bersama bahwa untuk menekan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan physical distancing (menjaga jarak minimal 1 meter), tetapi pasien yang memiliki penyakit lain dan membutuhkan darah, juga harus mendapatkan prioritas,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, menghadapi situasi saat ini akibat Covid-19, pelaksanaan donor darah diatur sedemikian rupa sehingga faktor keamanan dalam pencegahan meluasnya penyebaran Covid-19 juga dapat dilakukan.

“Saat ini stok yang ada sangat terbatas, disebabkan penerapan physical distancing pandemi virus Corona (Covid-19).

Kami menerapkan sistem pendonoran tidak satu hari selesai, hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan peserta donor, ” imbuhnya.

Ditambahkannya, antusiasme personel Kodim 0305/Pasaman cukup tinggi untuk mendonorkan darahnya, sehingga harus diatur sedemikian rupa untuk keamanan, seraya mengatakan ucapan trimakasih setinggi-tingginya kepada Wabup H. Atos Pratama yang telah terlebih dahulu mendonorkan darahnya.

Direktur RSUD Lubuk Sikaping, dr. Yong Marzuhaili menyambut baik program donor darah yang dilakukan Kodim 0305/Pasaman guna membantu ketersediaan darah di RSUD Lubuk Sikaping.

dr. Yong Marzuhaili mengatakan saat ini, di RSUD Lubuk Sikaping sudah tersedia alat Bank Darah yang siap menampung darah pendonor selama 24 jam.

“Semoga kedepan akan tertata kelola dengan baik Bank Darah ini dengan semangat kebersamaan kita semua.

Kemudian juga memberdayakan para relawan PMI untuk meningkatkan angka partisi pendonor setiap saat,” tutupnya. (Afzal).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *