Wakil Dprd Nganjuk Hadiri Musrenbang

0
128

Nganjuk,Radarbangsa.co.id – Wakil Ketua DPRD Nganjuk, Sumardi bersama Anggota DPRD Nganjuk lainnya, menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020, di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Rabu (20/03/2019).

Sumardi mengatakan sebagai wakil rakyat sudah menjadi tugas pokok dalam mengawal usulan kebutuhan dan aspirasi seluruh masyarakat Kabupaten Nganjuk.

“Sudah menjadi tugas pokok kami di DPRD sebagai perwakilan rakyat dalam mengawal aspirasi dan kebutuhan masyarakat dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Musrembang ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi serta permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan pembangunan.

“Rencana kerja pemerintah daerah yang disusun berdasarkan kesepakatan hasil Musrembang ini akan menjadi bahan bagi penyusunan kebijakan anggaran pada rancangan APBD Kabupaten Nganjuk tahun anggaran 2020,” jelasnya.

Menurutnya, isu tentang kemiskinan masih menjadi domain dalam berbagai aspek pembangunan, maka diperlukan adanya komitmen yang kuat dari berbagai stakeholder dalam rangka peningkatan kinerja program pengentasan kemiskinan melalui pembangunan pertanian yang didukung sinergi antar sektor.

Diketahui, musrembang kali ini dibuka secara langsung oleh Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat yang didampingi Wakil Bupati Nganjuk Dr. Marhaen Djumadi. Dalam Sambutannya, Beliau mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Nganjuk menekankan tiga prioritas pembangunan menuju Kabupaten yang maju dan bermartabat, yaitu pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia yang berkualitas dan kemandirian ekonomi.

“Pembangunan tol yang diresmikan presiden RI beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Nganjuk memiliki dampak yang sangat luar biasa, misalnya dalam pertumbuhan ekonomi yang sangat luar biasa untuk Kabupaten Nganjuk,” kata Bupati.

Kini, Kabupaten Nganjuk bukan hanya memiliki potensi ke arah daerah agraris semata tetapi sudah mulai bertransformasi menjadi daerah industrialisasi. Potensi industri di Kabupaten Nganjuk sangat luar biasa sehingga banyak investor yang berminat menginvestasikan modalnya di Kabupaten Nganjuk karena berbagai faktor selain dampak dari pada pembangunan tol yang sudah selesai dan jarak yang sangat efisien dari Nganjuk sampai ke Surabaya.

Lanjut Bupati, Di sektor pariwisata Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu di antara sekian 6 kabupaten yang melakukan perjanjian kerjasama Lingkar Selatan Tulungagung Trenggalek Ponorogo dan Madiun. Selain itu, banyak potensi pariwisata Kabupaten Nganjuk yang bisa digali, mulai dari Kecamatan Nngetos sampai dengan Sawahan.

“Sedangkan di sektor pertanian, bawang merah di Kabupaten Nganjuk masih menjadi andalan yang ada di Jawa Timur, begitu juga dengan produksi pertanian padi di Kabupaten Nganjuk juga masih cukup bagus. Namun nanti kita mengarahkan potensi pertanian di Kabupaten Nganjuk pada pertanian terpadu. Dengan konsep ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Kepala Bappeda Nganjuk Drs Gunawan Widagdo MSi mengatakan tujuan kegiatan ini adalah penyelarasan prioritas dan sasaran pembangunan, klarifikasi usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat, penyepakatan prioritas, sasaran, indikator, target kinerja, lokasi, kelompok sasaran, dan pagu indikatif program/kegiatan serta tersusunnya dokumen RKPD Tahun 2020.(Dn)

LEAVE A REPLY