Wali Kota Mojokerto gelar HLM – TPID, Untuk Percepat Pemulihan Ekonomi

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menggelar High Level Meeting

MOJOKERTO, RadarBangsa.co.id – Guna mempercepat pemulihan ekonomi makro, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dengan menggandeng Bank Indonesia, Otoritas Jasa keuangan (OJK), Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mojokerto, serta Akademisi dari Universitas Airlangga Surabaya, bertempat di Ruang Sabha Pambojana Rumah Rakyat, Kamis (24/2/2022).

Dikatakan Wali Kota, meski adanya pembatasan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berdampak signifikan terhadap pemulihan ekonomi, namun ia optimis melalui kolaborasi dan sinergitas yang kuat, target pemulihan ekonomi Nasional yang didukung melalui ekonomi daerah akan tercapai.

Bacaan Lainnya

Dengan banyaknya penduduk Kota Mojokerto di sektor perdagangan dan jasa, serta tenaga kerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sejak tahun 2020 lalu Pemerintah Kota Mojokerto secara masif telah mengadakan program Inkubasi Wirausaha sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi.

“Upaya ini sudah kami lakukan secara masif dengan jumlah sasaran yang terus kami tingkatkan. Namun kita masih butuh effort yang lebih besar lagi bagaimana memulihkan kembali kondisi ekonomi yang ada di daerah ini,” ujar Ning Ita sapaan akrab Wali Kota.

Minimnya sektor pertanian di Kota Mojokerto, membuat Wali Kota Ning Ita fokus melakukan upaya intervensi melalui program-program Pemerintah pada sektor perdagangan, sektor jasa, serta konstruksi.

Sementara terkait upaya menurunkan angka kemiskinan, ia meminta BPS Kota Mojokerto untuk memberikan parameter sejauh mana indikator dalam mengukur angka kemiskinan.

“Ini agar kami bisa mendapatkan satu gambaran yang jelas upaya konkrit apa yang harus kami lakukan dalam rangka menekan angka kemiskinan yang ada di Kota Mojokerto agar outcome nya bisa kita ukur melalui indikator tersebut,” jelasnya.

Turut hadir dalam rapat yang digelar secara luring dan daring ini, Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Yayat Cadarajat Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Dr. Lilik Sugiharti, S.E.,M.Si Ahli Ekonomi Universitas Airlangga, Mardini Setiyowati Koordinator Fungsi Statistik Produksi BPS Kota Mojokerto, serta Tim TPID Kota Mojokerto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.