Warga Gayam Sumenep Bersih-bersih Pantai Kawasan Cagar Alam Bakau

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Warga Desa Kalowang Kecamatan Gayam Sumenep Jawa Timur, melakukan aksi gotong royong bersih bersih sampah, khususnya sampah plastik yang tersebar di lokasi pesisir pantai Dusun Kalowang dan sekitarnya. Aksi yang diprakarsai oleh mayoritas pemuda Dusun Kalowang ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan biota laut, salah satunya dengan cara menjaga kebersihan dan pemeliharaan cagar alam hutan bakau di pesisir pantai. Minggu (08/12/2019).

Salam, salah satu aktivis pemuda Gayam yang terlibat dalam kegiatan bersih – bersih tersebut, mengatakan bahwa aksi ini adalah bentuk kepedulian terhadap laut biar tidak tercemar sampah, khususnya sampah plastik jangan sampai terbawa arus kemudian larut ke tengah laut.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini juga dihadiri Babinsa Koramil Gayam, yang ikut serta pembersihan sampah dikawasan pesisir dan sekitarnya”.

Menurut Salam, Jika sampah ini terus dibiarkan menumpuk dan larut ke laut, dapat mengancam keseimbangan ekosistem pantai dan kehidupan biota laut. Walau dengan peralatan seadanya, dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, sampah kita kumpulkan dan kemudian kita bakar.

“Saya bersama teman-teman pemuda, mengajak masyarakat agar peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dan membuang sampah secara baik dan benar. Dan pantai ini bukanlah tempat pembuangan sampah”, jelas salam.

Dalam pantauan kontributor media ini di lokasi, terlihat warga bersemangat melakukan aksi pembersihan sampah yang sudah menumpuk dan kemudian di bakar. Suasana akrab terjalin satu sama lain, sesekali terdengar senda gurau dari warga menyelingi kegiatan tersebut.

“Kegiatan seperti ini harusnya secara rutin dilakukan, agar kebersihan pantai selalu terjaga. Selain itu tertanam rasa kebersamaan sesama warga melalui gotong royong bersih-bersih sampah ini”, pungkasnya. Minggu, 08/12/2019. (Ong).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.