Warga Lakardowo Aksi di Depan PT PRIA

0
24

Radarbangsa.co.id | Mojokerto, Ratusan warga Lakardowo melawan kembali melakukan ujuk rasa di depan Pabrik Pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) milik PT Putra Restu Ibu Abadi (PRIA) yang berada di Desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.


Aksi ratusan warga Lakardowo yang mengatasnamakan Pendowo Bangkit tersebut berasal dari Lisa dusun yaitu Dusun Kedungpalang, Sumberwuluh, Sambigembol, Lakardowo dan Selang, Rabu (20/02/2019).
Massa menuntut perusahaan pengolahan limbah membongkar pabrik yang disinyalir menjadi tempat penimbunan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3)
Koordinasi Aksi, Heru Siswoyo mengatakan dalam unjuk rasa kali ini warga menuntut agar timbunan limbah di bawah lantai gudang PT PRIA segera diangkat.
“terdapat 61 jenis limbah B3 yang saat itu ditimbun di bawah gudang PT PRIA di Dusun Kedungpalang, Desa Lakardowo antara lain jenis limbah medis, fly ash, bottom ash, limbah pabrik kertas, limbah cair serta produk-produk kedaluarsa, “jelasnya.
Masih menurut Heru, warga Desa Lakardowo bakal terus menggelar berbagai aksi protes sampai timbunan limbah B3 diangkat dari tanah, “warga akan terus bergerak karena PT PRIA tidak mengantongi Izin landfill. Harus di bongkar lantainya”.
Sementara itu General Affair Manager PT PRIA Rudi Kurniawan menyesalkan aksi warga kali ini. Sebab pada 12 February 2019 lalu, ada pertemuan di KLHK dihadiri DLH Mojokerto dan DLH Provinsi sudah membahas masalah clean up atau kapsulisasi diserahkan ke DLH Provinsi sebagai pihak yang berkompeten. PT PRIA sebagai pihak yang membantu pengangkutan dan pengolahan limbah.
Reporter : Sri Wahyu Handini.

LEAVE A REPLY