Wisata Sendang Biru, Makin Cantik Ternyata ini Yang Diburu Pengunjung

0
58

Gresik,radarbangsa.co.id – Ada destinasi baru yang bisa disinggahi wisatawan bila sedang berkunjung di Gresik. Destinasi wisata itu adalah Sendang Banyu Biru, yang terletak di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Gresik.

Menurut warga sekitar, Wisata ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sebelum masa penjajahan Belanda di Indonesia, dengan bentuk menyerupai telaga. ornamen yang disajikan, wisata air berwarna biru.

“Ini sudah ada sejak saya kecil, bahkan sebelum saya ada, orang-orang tua di sini juga sudah menceritakan. Dengan airnya kalau dilihat dari kejauhan berwarna biru, bahkan kalau dulu jauh lebih biru lagi,” ujar salah seorang warga Desa Lowayu, Mariono (34) kepada radarbangsa.co.id, jumat (15/5).

Hanya saja, masih kata Mariono-dengan diameter 25 meter ini bentuknya masih cukup alami, dengan tatanan di samping kanan dan kiri dipenuhi oleh bebatuan.
Baru pada sekitar 2013 silam, telaga mulai mendapat perbaikan, dengan tatanan bebatuan dibuat lebih indah yang dipadu dengan cor. Perbaikan itu dianggap untuk memudahkan pengunjung saat hendak berenang maupun berfungsi sebagai tempat duduk.

“Sekarang lebih bagus ketimbang sebelumnya, hanya memang butuh tambahan lagi agar bisa meningkatkan jumlah pengunjung. Sebab sejauh ini, kalau ramai masih sebatas akhir pekan saja, sementara kalau hari-hari biasa hanya beberapa orang saja dari luar kota, lebih banyak warga di sekitar sini,” tambahnya.

Sementara warna biru yang terlihat, dikatakan olehnya lantaran adanya kandungan belerang yang terdapat dalam sendang Banyu Biru. Hal itu dipercaya oleh orang yang sudah berkunjung, sebagai salah satu cara untuk mengobati penyakit gatal.

“Kebanyakan pengunjung dari luar kota yang datang mengatakan, datang ke sini karena tahu tempat ini bisa menyembuhkan penyakit gatal yang dideritanya. Tapi saya kira itu mitos masing-masing orang, karena di sini sebenarnya cukup nyaman untuk melepas penat dalam mengisi waktu santai,” kata dia.

Tampilan Sendang Banyu Biru saat ini lebih indah nan cantik setelah pihak desa setempat mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Bantuan itu untuk lebih untuk memanjakan dan meningkatkan jumlah kunjungan.
Karena pada tahun lalu, Desa Lowayu mendapatkan bantuan dari Pemkab Gresik senilai Rp1 miliar, untuk menata Sendang Banyu Biru menjadi salah satu rujukan kawasan wisata mumpuni dalam menarik wisatawan ke Gresik.

“ sudah selesai dikerjakan. Dengan dana bantuan yang kami dapatkan, Sehingga nantinya destinasi Sendang biru bisa memanjakan pengunjung,” ucap Kepala Desa Lowayu, Muhammad Yato (48).

dana bantuan juga bakal digunakan untuk membangun sejumlah keperluan demi memanjakan pengunjung. Mulai dari pengadaan permainan anak-anak, kolam renang representatif, serta beberapa gazebo plus kafetaria.

“konsepnya juga bakal berbeda. Dulu sifatnya gratis, karena pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun, hanya kalau mau menyumbang kami sediakan kotak amal. Tapi sekarang sudah jadi, akan kami berlakukan tarif masuk seperti di tempat-tempat wisata pada umumnya,” kata dia.

Tidak hanya itu, Yato juga mempekerjakan warga sekitar. Dengan harapan, untuk mendongkrak kesejahteraan bagi warga Desa Lowayu.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pemda (Pemkab Gresik), karena wisata ini bakal dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), dengan berapa persennya baru diserahkan kepada Pemda,” beber Yato.(Tim Radarbangsa Pantura)

LEAVE A REPLY