GUANGZHOU, RadarBangsa.co.id – Ajang “China Import and Export Fair” (Canton Fair) ke-129 pada hari ini telah dibuka, begitu pula dengan ajang pameran digitalnya yang ketiga. Sebanyak 260.000 peserta Canton Fair akan memamerkan 2,7 juta produk, angka yang memecahkan rekor. Produk-produk ini terdiri atas 16 kategori, 82.000 produk di antaranya tergolong sebagai produk terbaru.
Para peserta Canton Fair akan memamerkan berbagai produk dalam format presentasi digital yang canggih, seperti foto dan video produk, 3D, livestream, termasuk 2.600 ruang pamer dengan teknologi virtual reality, serta 137 peluncuran produk baru lewat internet.
Xu Bing, Juru Bicara Canton Fair, berkata bahwa ajang Canton Fair ke-129 berlangsung setelah kesuksesan dua sesi digital yang sebelumnya digelar pada 2020.
Canton Fair juga terus mengoptimalkan platform digitalnya guna memfasilitasi komunikasi bisnis yang lebih mudah dan nyaman antara pihak pemasok dan pembeli.
“Canton Fair telah mempromosikan perdagangan dan menjaga kestabilan rantai pasokan industri global selama bertahun-tahun. Kami berharap, Canton Fair ke-129 berkontribusi terhadap pola pertumbuhan Tiongkok terbaru.
Pola ini ingin mewujudkan pasar domestik dan luar negeri yang saling melengkapi,” kata Xu.
Canton Fair tahun ini menghadirkan berbagai fitur fungsional yang lebih baik guna mewujudkan sesi business matching yang efisien, termasuk memanfaatkan sejumlah sumber daya dalam format livestream. Dengan demikian, peserta pameran mudah mengakses Help Center, dilengkapi perangkat pengelolaan Exhibitor Centre yang lebih baik, serta sistem layanan pelanggan yang canggih dengan dukungan multibahasa.
Canton Fair ingin menyajikan pengalaman terbaik bagi para pembeli selama pameran dagang internasional ini berlangsung secara virtual. Untuk itu, Canton Fair mengundang partisipasi inklusif lewat berbagai insentif dan aktivitas dengan segmen pasar yang lebih terfokus.
Menyasar negara-negara “Belt and Road Initiative” serta Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), Canton Fair telah bermitra dengan berbagai asosiasi bisnis internasional.
Sebanyak 44 sesi virtual prapameran telah digelar di 32 negara, mengulas topik-topik seperti promosi, matchmaking, dan peresmian kerja sama. Selain itu, Canton Fair juga mengadakan lebih dari 300 pelatihan bagi pembeli luar negeri, melaksanakan program pemasaran langsung lewat surel, serta menjalin kemitraan global.
Seluruh sesi ini membantu pemahaman pembeli global tentang industri-industri yang disasarnya, serta sejumlah kategori produk yang diminati di Canton Fair.
Agar pembeli bisa berbisnis tanpa hambatan secara lintaswilayah, Canton Fair meluncurkan berbagai jenis kegiatan pendukung, seperti professional settlement, pembiayaan hingga asuransi, dukungan logistik untuk transportasi, inspeksi hingga sertifikasi mutu produk, serta dukungan kepabeanan secara daring dan interpretasi kebijakan. (***)